Cara Mengatasi Windows Script Host Access is Disable on This Machine

|
Cara Mengatasi Windows Script Host Access is Disable on This Machine

Cara Mengatasi Windows Script Host Access is Disable on This Machine - Windows Scripting Host (sering disingkat menjadi WSH) adalah sebuah aplikasi yang mendukung fungsi-fungsi skripting di dalam sistem operasi Windows 2000, Windows NT Option Pack, Windows 98, Windows XP, dan Windows Vista yang mengizinkan para administrator untuk mengeksekusi skrip-skirp untuk beberapa tugas administratif, baik itu menggunakan cscript.exe maupun wscript.exe. Windows Scripting Host ini mendukung banyak bahasa skrip, meski yang sering digunakan adalah VBScript dan JScript. WSH mengizinkan skrip-skrip tersebut agar dapat dijalankan secara langsung tanpa harus dimasukkan ke dalam dokumen HTML. Selain VBScript dan JScript, kita juga dapat menambahkan bahasa skrip lainnya seperti Perl atau REXX.
Ketika WSH ini dalam keadaan disable atau mati dan anda sedang menginstall sebuah driver atau aplikasi ke komputer, terkadang windows akan menampilkan message atau pesan yang bertuliskan " windows script host access is disable on this machine. contact your administrator for details " pada komputer.

Windows Script Host Access is Disable on This Machine

Seperti pengalaman saya saat menginstall driver vga card laptop menggunakan driverpack. Hal ini terjadi karena WSH ini memiliki kemampuan scripting seperti file batch, tetapi memiliki lebih banyak fitur. Script tersebut dijalankan langsung dari dekstop dengan meng-klik dua kali file script atau melalui command prompt atau biasa disebut CMD. Selain itu, ini juga akan terjadi apabila pada komputer anda telah terinstall anti virus smadav. Smadav secara default pengaturannya menonaktifkan WSH ini. Mengapa smadav mematikan fungsi WSH ini? Karena ada banyak pengguna tidak ingin ada aplikasi pada komputer yang menjalankan script sendiri sehingga dapat mengganggu aktivitas mereka. Berikut gambar pesan yang muncul ketika sistem tidak bisa menjalankan script karena smadav menonaktifkan fitur ini.

Windows Script disable by Smadav

Untuk anda yang mengalami masalah ini, silahkan simak langkah-langkah berikut dengan baik.

Cara Mudah Mengatasi Pesan " Windows Script Host Access is Disable on This Machine "

Melalui Anti virus Smadav
1. Klik tanda panah ke atas pada taksbar sehingga terlihat beberapa icon yang berjalan di komputer termasuk icon smadav. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.

Windows Script disable by Smadav

2. Klik kanan pada icon smadav. Maka akan tampil beberapa pilihan. Silahkan pilih dan klik Allow Windows-Script & Office-Macro (Permanent).
3. Muncul sebuah notifikasi seperti gambar berikut, silahkan klik OK.

Windows Script disable by Smadav

4. Kemudian, silahkan anda mencoba kembali untuk menjalankan script yang di disable tadi.

Kadang-kadang setelah melakukan langkah diatas script tetap tidak bisa berjalan. Silahkan lakukan langkah berikutnya melalui regedit.

Melalui Regedit
1. Silahkan buka Run dengan menekan tombol logo Windows+R pada keyboard.
2. Ketik regedit pada textbox, lalu tekan enter. Muncul sebuah notifikasi User Account Control, silahkan klik Yes.

Cara Mengatasi Windows Script Host Access is Disable on This Machine

3. Silahkan anda menuju ke alamat ini Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows Script Host\Settings.
4. Klik pada folder Settings, lalu pindahkan cursor anda ke pannel sebelah kanan dan klik dua kali pada file Enable sehingga muncul pop up Edit DWORD (32-bit) Value seperti gambar berikut.

Cara Mengatasi Windows Script Host Access is Disable on This Machine

5. Pada bagian Value Data, silahkan ganti angka 0 menjadi angka 1. Lalu klik OK.

Apabila kedua cara diatas masih belum berhasil mengatasi windows script host, silahkan ikuti langkah selanjutnya melalui System Configuration.

Melalui System Configuration
1. Silahkan buka Run dengan menekan tombol logo Windows+R pada keyboard.
2. Ketik msconfig pada textbox lalu tekan enter, sehingga keluar jendela system configuration.
3. Pada tab General, silahkan cecklist pada bagian Selective startup. Kemudian di bawah selective startup, silahkan hilangkan tanda rumput pada pilihan Load startup items.

Cara Mengatasi Windows Script Host Access is Disable on This Machine

4. Setelah itu, silahkan anda pindah ke tab Services seperti gambar berikut.

Cara Mengatasi Windows Script Host Access is Disable on This Machine

5. Beri ceklist pada Hide all Microsoft services, lalu tekan tombol Disable all dan terakhir klik OK.

Jika ketiga cara diatas belum berhasil juga, berarti semua ini tergantung dari amal ibadah anda masing-masing hehe (just kidding). Ketika saya mengalami permasalahan ini dan melakukan langkah-langkah diatas (langkah pertama dan kedua) dengan teliti, alhamdulillah saya berhasil.

Demikian tutorial sederhana mengenai cara mengatasi windows script host access is disable on this machine. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

0 komentar:

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......