Cara Cek DirectX Sudah Terpasang Pada Windows

|
Cara Cek DirectX Sudah Terpasang Pada Windows - Apabila anda adalah seorang pengguna aktif sebuah gadget dengan tekhnologi canggih seperti komputer atau laptop, anda pasti pernah mendengar atau membaca kata " DirectX ". Setiap anda hendak bermain game pada komputer baru, anda pasti diharuskan menginstall directX ini terlebih dahulu. Selain itu banyak juga dari para pengguna komputer yang menjadikan hasil diagnosa dari directx ini untuk dapat melihat spesifikasi dari suatu komputer dengan dxdiag.

Cara Cek DirectX Sudah Terpasang Pada Windows


Apa itu DirectX ?
Directx adalah sebuah aplikasi yang pada dasarnya menghubungkan sebuah program terhadap hardware. seperti misalnya mengizinkan game untuk berinteraksi dengan gamepad dan video card. biasanya disebut dengan istilah Application Programming Interfaces (API). Definisi yang lain yaitu directx merupakan sebuah kumpulan API yang berisi command atau perintah untuk menangani hal dalam pemrograman multimedia khususnya game dalam sistem operasi Microsoft Windows.
DirectX memiliki beberapa komponen yang saling melengkapi untuk dapat mengoptimalkan kinerja hardware, diantaranya :

1. DirectX Graphics.
merupakan komponen dalam directx yang menangani masalah pada graphic, biasanya sangat dibutuhkan oleh games yang akan kita mainkan. mulai dari direct draw ( graphic 2 dimensi ) sampai direct3d ( graphic 3 dimensi.

2. DirectX Input.
komponen pada directx yang menangani bagian peripheral hardware input, seperti mouse, keyboard, joystick, dll.

3. DirectX Sound.
komponen dasar yang berisi konfigurasi audio pada komputer. banyak media player yang mewajibkan adanya direct sound ini seperti misalnya VLC player dan WinAMP.

Bagaimana Cara Kerja DirectX ?

DirectX merupakan penghubung interface antara hardware dalam komputer kita dan Sistem operasi, yang merupakan bagian dari Windows API (Application Programming Interface). Dalam penerapannya, ketika developer game ingin memutar file suara, maka mereka hanya perlu memanggil library yang sesuai. Pada waktu game berjalan, ia memanggil DirectX API, yang akan memutar file suara.
Dengan kata lain developer game tidak perlu tahu jenis sound card apa yang diakan dipakai oleh user, apa yang dapat dilakukannya, atau bagaimana berbicara kepadanya. Microsoft telah menyediakan DirectX, dan pabrikan sound card telah menyediakan driver yang berkemampuan DirectX. jadi developer hanya menanyakan suara yang ingin dimainkan, dan ini berlaku untuk semua jenis komputer.
Jika komputer tidak memiliki directx, tidak perlu khawatir karena fungsi komputer akan tetap berjalan seperti biasa, tidak akan ada kerusakan seputar Booting atau lainnya. Namun ketika anda hendak akan bermain game bawaan windows atau game offline akan sedikit lemot bahkan tidak bisa berjalan.

Cara Cek atau Melihat Versi DirectX dan Driver DirectX Sudah Terinstall dengan Benar pada Windows

Game yang terinstall pada komputer terkadang membutuhkan directx dengan versi tertentu, seperti halnya game-game terbaru saat ini merekomendasikan untuk memasang directx versi paling terbaru seperti directx12. Apakah sistem windows komputer anda sudah menggunakan versi terbaru ? Berikut langkah-langkah untuk mengecek versi directx dan apakah sudah terinstall apa belum. Cekidot.

1. Pertama, silahkan tekan logo Windows+R pada keyboard.

Cara Cek DirectX Sudah Terpasang Pada Windows

2. Ketik dxdiag pada kotak yang tersedia, lalu tekan Enter atau klik OK.

Cara Cek DirectX Sudah Terpasang Pada Windows

3. Maka akan keluar jendela DirectX Diagnostic Tools. Pada tab System bagian DirectX Version disitu anda bisa melihat versi directx yang terinstall pada komputer anda, seperti gambar berikut.

Cara Cek DirectX Sudah Terpasang Pada Windows

4. Kemudian klik tab Display, disini anda bisa melihat jenis VGA Card, versi driver VGA yang terinstall melalui directx dan pada bagian DirectX Features disitu anda bisa melihat DirectDraw Acceleration, Direct3D Acceleration, AGP Texture Acceleration apakah sudah aktif apa belum. Jika Enable itu menandakan driver VGA Card sudah terinstall dengan benar menggunakan directx dan jika Not Available itu menandakan driver belum terinstall dengan benar.

Komputer saya menggunakan directx 11 dengan sistem operasi windows 7. Perlu anda ketahui directx ini tidak membuat performa grafis komputer kita naik, melainkan hanya untuk mengoptimalkan saja. Performa grafis tetap dipengaruhi oleh kartu grafis atau VGA Card yang digunakan pada komputer.

Demikian tutorial sederhana mengenai cara cek directx sudah terpasang pada windows apa belum. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

0 komentar:

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......