Agar Bibir Tetap Halus dan Merona

|
Agar Bibir Tetap Halus dan Merona - Bibir adalah salah satu bagian penting dari wajah seorang wanita. Bibir yang hitam dan pecah-pecah tentu akan terlihat tidak indah dan mengurangi kecantikan. Ada dua masalah yang sering di alami oleh bibir, yaitu pecah-pecah dan menghitam. Dua hal ini dapat megurangi kecantikan anda. Bibir yang pecah-pecah dan menghitam tidak akan tertutup sempurna walaupun anda sudah menggunakan lipstik.
Bibir merupakan bagian yang paling rentan mengalami kekeringan dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Mengapa? Karena, bibir tidak mempunyai kelenjar minyak. Jika tidak dirawat, kekeringan tersebut akan membuat bibir menjadi pecah-pecah. Penyebabnya bisa bermacam-macam, seperti cuaca panas, dehidrasi, kebiasaan menjilat bibir, atau mengkonsumsi obat-obatan tertentu.
Bibir juga mempunyai lebih sedikit lapisan dibanding kulit wajah. Oleh karena itu, bibir menghasilkan pigmen melanin lebih sedikit. Jika bibir pecah-pecah dan terkelupas terus-menerus, lama kelamaan bibir akan menghitam. Tidak hanya itu, kebiasaan menggigit bibir, mengkonsumsi teh dan kopi, serta merokok juga bisa menyebabkan bibir menghitam.

Berikut ini ada beberapa cara jitu untuk merawat bibir hitam dan pecah-pecah yang bisa anda lakukan dengan mudah di rumah.

Gunakan Pelembab Bibir
Pelembab bibir atau lip balm dapat membantu merawat bibir yang kering dan pecah-pecah. Namun, anda harus hati-hati dalam memilih pelembab bibir. Pelembab yang mengandung salicylic acid, fenol atau menthol akan membuat bibir semakin kering dan pecah-pecah.
Pilihlah lip balm yang mengandung emmolient, synthetic ceramides atau zinc oxide. Emmolient berguna untuk melembabkan, melembutkan, dan menjaga kesehatan bibir. Zat ini dapat ditemukan dalam beeswax, petroleum, shea dan cocoa butter, serta minyak jojoba. Sedangkan synthetic ceramides dan zinc oxide berperan dalam melindungi bibir dari sinar ultraviolet.

Lip Balm
Lip Balm

Pijat dan Hilangkan Kulit Mati
Memijat bibir bisa menjadi salah satu solusi dalam mengatasi warna bibir yang menghitam. Dengan di pijat, otomatis aliran darah ke bibir akan meningkat dan mencerahkan warnanya. Untuk hasil yang maksimal, pijatlah bibir menggunakan minyak almond atau es batu.
Bibir pecah-pecah dan menghitam juga bisa di atasi dengan cara menghilangkan kulit mati pada bibir. Untuk keamanan proses pengelupasan kulit mati pada bibir, gunakan bahan-bahan alami. Oleskan campuran bubuk gula dengan madu atau minyak zaitun, lalu diamkan selama satu menit. Bersihkan dengan kain basah, lalu gunakan lip balm. Lakukan cara ini sebanyak dua kali dalam seminggu.

Pijat dan Hilangkan Kulit Mati
Pijat dan Hilangkan Kulit Mati

Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur
Agar bibir tidak lagi pecah-pecah dan menghitam, perbanyaklah konsumsi buah-buahan dan sayur, terutama yang buah yang banyak mengandung vitamin C. Vitamin C bisa membantu melembabkan bibir dan membuat warnanya menjadi lebih cerah. Beberapa jenis buah yang mengandung vitamin C antara lain jambu biji, jeruk, lemon, tomat, dan wortel.
Tidak hanya di konsumsi, buah-buahan ini juga bisa anda oleskan pada bibir. Contohnya, ampas wortel. anda bisa mengoleskan ampas dari perasan wortel pada bibir agar warnanya menjadi lebih cerah. Anda juga bisa memakan jeruk dengan cara di hisap dengan bibir. Hal ini akan membantu bibir anda tetap lembab dan merona.

Konsumsi Buah
Konsumsi Buah

Lindungi Bibir dari Sinar Matahari
Paparan sinar matahari berlebih dapat membakar bibir dan membuat warna aslinya berubah menjadi lebih gelap. Selain itu, sinar matahari juga dapat membuat bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Wow, ternyata berbahaya sekali ya sob?. Apalagi bagi anda yang sering beraktivitas di luar rumah.
Anda bisa melindungi bibir dari sinar matahari dengan menggunakan lip balm yang mengandung Sun Protection Factor (SPF). Pilihlah lip balm yang mengandung lebih dari SPF 15. Dengan begitu, rona dan kelembaban bibir anda akan terus terjaga. Anda juga bisa mencoba mengompres bibir dengan air hangat sebanyak 2-3 kali sehari.

Lindungi Bibir dari Sinar Matahari
Lindungi Bibir dari Sinar Matahari

Jaga Tubuh dari Dehidrasi
Dehidrasi ternyata tidak hanya berpengaruh pada kulit tubuh, tetapi juga bibir. Ketika anda kurang minum air dan mengalami dehidrasi, bibir akan menjadi kering. Hal ini juga akan memicu pigmentasi pada bibir dan membuat warnanya menjadi lebih gelap. Oleh karena itu, konsumsilah air minum secara teratur setiap harinya. Minumlah sebanyak 2-3 liter per hari.

Jaga Tubuh dari Dehidrasi
Jaga Tubuh dari Dehidrasi

Hindari Menjilat dan Menggigit Bibir
Mungkin anda berpikir jika menjilat bibir akan menjaganya tetap basah dan lembab. Padahal, ketika anda menjilat bibir, air liur anda akan membuatnya menjadi semakin kering. Sementara, menggigit bibir akan menyebabkan pigmentasi gelap pada bibir. Jadi, bagi anda yang suka melakukan dua kebiasaan di atas, sebaiknya segera dihentikan.

Hindari Menjilat dan Menggigit Bibir
Menggigit Bibir

Demikian tips dan trick sederhana agar bibir tetap halus dan merona. Semoga bisa bermanfaat untuk para cewek sekseh di indonesia maupun di dunia haha. "Happy Blogging"

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

2 komentar:

Himawan Sant said...

Wuah kok susah ya cari layanan pijat bibir, maas .. ?.

Padahal kan banyak manfaat baik bisa diambil dari rutinnya memijat bibir.
Kenapa belum ada yang tergerak membuat layanan begitu, ya :o ?.

Harmansyah said...

@Himawan Sant, Saya jadi ngebayangin lagi mijat bibirnya angelina joli mas hima :D

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......