Trick Mengelola dan Membayar Hutang

|
Trick Mengelola dan Membayar Hutang - Zaman sekarang , banyak sekali perusahaan seperti Bank, Finance, Koperasi simpan pinjam menawarkan pinjaman tanpa agunan atau kartu kredit. Belum lagi tawaran cicilan mulai dari peralatan rumah tangga, gadget, motor, mobil, hingga rumah. Akibatnya, banyak orang terjerat hutang, sampai mereka stress, pergi merantau ke negri orang untuk mencari uang untuk melunasi hutang bahkan ada yang sampai bunuh diri.

Bagaimana cara mengatasinya?

Berhutang itu boleh saja, tetapi anda sebagai peminjam harus tahu kemampuan anda untuk membayarnya dan tahu untuk apa anda berhutang. Kalau anda berhutang hanya untuk membeli sebuah barang untuk anda jadikan sebagai gaya mengikuti mode masa kini seperti gadget dan lainnya, ikh... jangan dah sungguh sangat memalukan. Diluar rumah, anda terlihat bahagia dan wah di mata orang tetapi nanti ketika anda sedang berada dirumah, anda akan sengsara melihat seorang debt collector datang menagih anda dengan suara lantang seperti preman meneriaki preman lainnya.

Menurut ahli keuangan Mohamad Andoko, MM,CFP,AEPP. Co Founder and Commisioner OneShildt Financial Planning, hutang ada dua jenis, antara lain :
  • Pertama, hutang produktif, yaitu hutang yang di akibatkan karena membeli aset, misalnya KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Ketika hutang lunas, rumah yang kita beli itu akan menjadi aset berharga yang meningkat harganya kelak.
  • Kedua, hutang konsumtif, yaitu hutang yang di akibatkan karena membeli barang-barang konsumtif. Setelah barang itu lunas terbayar, nilai barang itu menjadi menurun, misalnya gadget, kendaraan bermotor dan lainnya, istilah nama populer barang second.
"Bila anda terpaksa berhutang, sebaiknya besar hutang maksimal sebesar 35 persen dari penghasilan anda. Sebab, sisa 65 persen dari penghasilan anda itu untuk mencukupi kebutuhan biaya hidup sehari-hari dan jika masih ada sisa , bisa untuk investasi atau tabungan anda," ungkap Mohamad Andoko.

Trick Membayar Hutang
Bila ternyata hutang anda bertumpuk-tumpuk, apa yang harus anda lakukan? Inilah tiga trick yang bisa anda lakukan.
1. Reschedule hutang. Cara ini bisa dipakai bila anda berhutang dengan bank. Ajukan permintaan pada bank untuk mengatur ulang pembayaran cicilan, misalnya semula harus dibayar atau dicicil selama dua tahun anda ubah menjadi lima tahun. Memang sih hutang anda menjadi lebih besar dan ini menjadi hal yang terburuk, tetapi lebih baik dibandingkan anda tidak bisa membayar hutang sama sekali.
2. Cari pinjaman tanpa bunga. Anda bisa meminjam uang pada orang tua, saudara, atau teman. Dengan uang pinjaman itu, anda harus melunasi hutang dari bank, bukan malah membelanjakannya sehingga menambah hutang anda (ada loh sobat macam orang yang kayaq gini). Hutang seperti ini akan ada konsekuensinya. Apabila anda lengah membayar atau tidak mau membayar, maka akan merusak hubungan kekeluargaan anda dengan keluarga atau pertemanan anda dengan teman.
3. Menjual aset. Apabila tidak ada pilihan lain dan anda punya aset yang bisa anda jual, anda harus menjual aset tersebut untuk menutupi hutang. Misalnya, menjual rumah atau tanah. Bila hutang itu berupa KPR, bisa jadi pihak bank akan menyita rumah yang anda beli.

Trick Menghindari Hutang
1. Kendalikan biaya pengeluaran. Jangan membeli barang yang keperluannya tidak mendesak atau tidak diperlukan hanya karena ingin mengikuti tren. Melakukan hal ini bisa memberi dampak buruk pada cash flow anda, bahkan bisa membuat anda terjebak dalam hutang.
2. Pahami tentang bunga-bunga bank, yaitu bunga efektif dan bunga flat. Bunga efektif dihitung dari sisa pinjaman. Misalnya, untuk bunga KPR. Artinya, besaran bunga semakin kecil karena hutangnya mengecil. Sedangkan bunga flat dihitung dari awal total pinjaman. Misalnya, bunga yang diterapkan pada pembelian secara cicil atau kredit dari barang-barang elektronik. Walaupun hutangnya semakin kecil, besaran bunga yang harus dibayar tetap sama, dihitung dari pinjaman awal.
3. Sesuaikan gaya hidup dengan penghasilan. Ingat, memenuhi gaya hidup mewah, misalnya berbelanja dengan menggunakan kartu kredit, hanya akan menjadi beban dalam hidup anda. Jadi, lebih baik jangan berhutang, apalagi jika setelah anda perhitungkan, anda tidak akan mampu membayarnya. Anda jangan coba-coba mempunyai pikiran "mungkin besok saya ada rezeki", siapa yang tahu besok anda rezeki? tidak ada bukan? Jadi sebaiknya anda berfikir rasional saja.

Trick Mengelola dan Membayar Hutang
Trick Mengelola dan Membayar Hutang

Demikian tips and trick sederhana hasil dari oprek-oprek buku catatan. Semoga bisa bermanfaat untuk mereka yang senang berhutang. "Happy Blogging"

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

0 komentar:

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......