Cara Membuat Form Contact Us di Blog

|
Cara Membuat Form Contact Us di Blog - Contact us dalam bahasa indonesia Hubungi Kami merupakan sebuah sarana atau alat yang digunakan oleh pengunjung blog untuk berkomunikasi dengan pengelola atau pemilik blog selain dengan kotak komentar secara privasi melalui pesan email. Form ini berfungsi untuk memudahkan pengunjung blog menyampaikan pertanyaan yang berkaitan dengan topik artikel di blog anda. Pengunjung akan merasa senang jika pemilik blog bisa meluangkan waktu untuk menjawab pertanyaan mereka, dengan demikian hal ini akan memungkinkan pengunjung untuk kembali mengunjungi blog. Coba sekarang saya tanya, siapa yang tidak senang pertanyaan mereka tidak digubris atau dijawab oleh orang yang mereka tanyakan?, saya yakin anda juga pasti merasa kesal jika pertanyaan anda tidak dijawab. Selain itu pengunjung juga dapat memberikan kritik dan saran yang memotivasi pemilik blog untuk mengembangkan blog supaya lebih baik lagi demi kenyamanan pengunjung.

Contact Us
Contact Us

Ada banyak cara untuk membuat form ini. Anda bisa menggunakan widget/gadget gratis yang disediakan oleh blogger dan meletakkannya di sidebar blog atau anda juga bisa mencari dan mencopas kode form contact us dari situs penyedia layanan (pihak ketiga)  secara gratis yang banyak bertebaran di internet ke halaman statis blog.
Nah pada bahasan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana membuat form contact us dengan menggunakan kode yang anda ambil dari pihak ketiga yakni situs penyedia layanan www.foxyform.com dan anda letakkan ke halaman statis blog. Karena kebanyakan orang memasang form contact us ini di halaman statis blog mereka, mungkin hal ini mereka lakukan agar blog mereka lebih terlihat keren dan profesional. Yuk langsung disimak langkah-langkahnya.

Cara Membuat dan Memasang Form Contact Us di Blog
1. Pertama-tama silahkan anda kunjungi situs www.foxyform.com.
2. Setelah anda berada di halaman sepeti gambar berikut, silahkan anda isi semua form data yang diminta sesuaikan dengan selera anda.

Halaman Foxyform
Halaman Foxyform

3. Bagian ini silahkan anda beri tanda ceklist sesuai selera, apakah anda ingin pengunjung mengisi data mereka tentang Title, Nama, Email dan Subject.

Foxyform Setting
Foxyform Setting

4. Bagian ini silahkan anda design form contact anda sesuai selera. Disini anda bisa merubah warna background, warna tulisan, jenis font dan ukuran font.

Foxyform Advanced Setting
Foxyform Advanced Setting

5. Bagian ini, silahkan anda isi dengan alamat email anda yang akan dituju oleh pengunjung saat mengontak anda, kemudian centang saya bukan robot pada bagian ANTISPAM PROTECTION.

Foxyform Target e-mail address
Foxyform Target e-mail address

6. Pada bagian paling akhir yakni Preview, disini anda bisa melihat hasil design anda sebelum anda memasangnya ke halaman statis anda.

Foxyform Preview
Foxyform Preview

7. Setelah anda mantap dengan design form anda, silahkan anda kembali ke bagian 5 dibawah bagian ANTISPAM PROTECTION, klik tombol berwarna hijau bertuliskan Create Formular.
8. Anda akan dibawa ke halaman dimana anda bisa melihat kode form yang akan anda copy paste ke halaman statis blog.

Integrate the contact form into your website
Integrate the contact form into your website


Cukup mudah bukan, disini anda hanya memanfaatkan penyedia layanan form contact us dari pihak ketiga, tanpa anda harus pusing memikirkan kode untuk membuat form contact us pada halaman statis.
Buat sobat yang belum faham bagaimana cara membuat halaman statis di blog, silahkan simak artikel berjudul Cara Membuat Halaman Statis di Blogger.

Dengan membuat halaman contact us di blog, hal ini akan menunjukkan keterbukaan pemilik blog atau website untuk menerima pertanyaan, keritik, dan saran yang mungkin sedikit bersifat privacy dari pengunjung blog itu sendiri.
Demikian tutorial sederhana tentang bagaimana cara membuat form contact us di blog. semoga bermanfaat. "Happy Blogging"

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

0 komentar:

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......