Cara Mudah Membuat Privacy Policy Untuk Blog

|
Cara Mudah Membuat Privacy Policy Untuk Blog - Sebelum kita ke tahap pembuatan, ada baiknya anda terlebih dahulu memahami Apa itu privacy policy? Mengapa privacy policy harus di buat dan dipasang ke dalam blog?. 

Privacy Policy
Privacy Policy

Privacy policy dalam bahasa indonesia adalah kebijakan privasi merupakan sebuah halaman khusus yang berisi catatan atau dokumen penting yang menjelaskan beberapa informasi mengenai aturan-aturan dan  kebijakan pengelolaan situs atau blog. Perkara ini berkaitan dengan hal-hal yang harus dipahami oleh pengunjung mengenai blog anda dan aturan-aturan kebijakan yang anda tetapkan sebagai pemilik blog yang pengunjung harus taati ketika mengunjungi blog.
Selain itu privacy policy juga merupakan salah satu syarat wajib yang harus ada di blog ketika anda hendak mengajukan atau mendaftarkan blog sebagai publisher ke google adsense. Mengapa? Karena banyak program penayangan iklan termasuk Google Adsense meminta privacy policy dari blog yang terpasang pada bagian navigasi sebelum jaringan mereka menyetujui permintaan anda untuk menjadi publisher. Dengan membuat dan memasang kebijakan privasi, hal ini akan memberikan kredibilitas dan kepercayaan jaringan iklan kepada blog anda.

Bagaimana membuat privacy policy?
Membuatnya cukup mudah, anda hanya perlu mengunjungi situs penyedia layanan (pihak ketiga) yang menyediakan generate pembuatan kebijakan privasi ini secara instan dan gratis, sehingga anda tidak perlu repot harus menjadi seorang ahli bahasa untuk merangkai kata-kata. Ada banyak situs penyedia layanan ini bertebaran di internet, seperti www.serprank.com, www.privacypolicyonline.com dan masih banyak lagi. Namun dalam bahasan kali ini saya akan menggunakan layanan pembuat kebijakan privasi dari privacypolicyonline, karena setelah menelusuri mbah google sebagian besar para blogger menggunakan situs ini untuk membuatnya. Yuk kita langsung ke langkah-langkah.

Cara Mudah Membuat dan Memasang Privacy Policy Untuk Blog
1. Pertama-tama, silahkan anda kunjungi situs www.privacypolicyonline.com, akan tampak halaman seperti gambar berikut.

Form Data Privacy Policy
Form Data Privacy Policy

2. Pada bagian Your Site Information Contact, silahkan anda isi dengan data blog anda meliputi.
  • Your Site Title, isi dengan judul blog atau situs anda.
  • Your Site URL, isi dengan url blog atau situs anda.
  • Contact Link, isi dengan contact link blog atau situs anda (url contact us), apabila anda belum memiliki contact link, silahkan anda buat terlebih dengan menyimak panduannya pada artikel Cara Membuat Form Contact Us di Blog.
  • Email Address, isi dengan email contact us anda.
  • Email Encryption, silahkan anda pilih lalu centangkan.
3. Pada bagian Cookies, silahkan anda centang Yes jika blog anda menggunakan cookies dan jika tidak silahkan centang No.
4. Pada bagian Advertisers on your site, disini terdapat pilihan nama-nama jaringan iklan. Jika anda hanya ingin memasang google adsense, silahkan anda beri centang pada pilihan google adsense, tapi apabila anda ingin memasang semuanya silahkan anda centang semuanya.
5. Setelah semuanya terisi dengan benar, silahkan klik tombol Generate Policy. Lalu anda akan di bawa ke halaman dimana anda akan melihat sebuah dokumen privacy policy milik blog anda, seperti gambar berikut.

Bentuk Privacy Policy
Bentuk Privacy Policy

6.  Anda bisa langsung mengcopasnya ke halaman statis anda, tetapi agar semua format ketikan tersalin dengan benar anda lebih baik mencopasnya dalam bentuk HTML. Scroll ke bawah hingga anda bisa melihat tombol Generate HTML for this page, lalu klik.

Generate HTML for this page
Generate HTML for this page

7. Untuk memasangnya ke halaman statis silahkan anda masuk ke dashboard blogger anda, Pilih menu Laman, klik Laman baru, rubah mode Compose menjadi mode HTML lalu paste kode HTML privacy policy anda ke isian, jangan lupa untuk memberi judul halaman statis anda. Jika sudah mantap klik Publikasikan. Dan apabila anda masih bingung dengan cara membuat halaman statis, anda bisa menyimaknya pada artikel Membuat Halaman Statis di Blogger. Terakhir silahkan anda pasang link privacy policy anda di menu navigasi seperti di blog ini atau di footer blog anda.

Demikian tutorial sederhana mengenai cara mudah membuat privacy policy untuk blog. Semoga tulisan kalimat kata-katanya bisa anda fahami dan semoga bermanfaat. "Happy Blogging"

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

0 komentar:

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......