Cara Mudah Membuat Disclaimer Untuk Blog

|
Cara Mudah Membuat Disclaimer Untuk Blog - Setelah membuat dan memasang privacy policy di blog, maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah membuat disclaimer untuk blog anda. Ketika melakukan blogwalking dari blog ke blog, sebagian besar atau bisa dibilang semua blog memasang disclaimer ini di blog mereka, sehingga saya pun tergugah untuk ikut memasangnya di blog. Anda bisa melihat link disclaimer blog ini pada menu navigasi blog. Sebelum ke tahap pembuatan dan pemasangan, sebaiknya anda terlebih dahulu memahami, Apa itu Disclaimer? dan Apa manfaatnya untuk blog?

Disclaimer
Disclaimer

Menurut hasil googling
Yahoo Answer : didalamnya terdapat sebuah pertanyaan dan jawaban mengenai arti disclaimer. Berikut jawaban dari seorang pengguna yahoo bernama Arnold SuasanaSegar, walau jawaban ini bukan jawaban terbaik menurut yahoo answer. "Disclaimer adalah kalimat peringatan kepada konsumen atau publik mengenai kualitas barang riil, artikel, anjuran, advis, ramalan dan benda abstrak lainnya. Saya menulis analisa ekonomi, seharusnya pakai disclaimer, yang mengatakan bahwa semua kerugian akibat mengikuti tulisan saya ini adalah tanggung jawab masing-masing, bukan tanggung jawab penulis. Jadi disclaimer adalah pernyataan untuk melepaskan tanggung jawab. Isinya berinti pada pemindahan tanggung jawab dari originator/sumber ke pemakai".
Setelah memahami jawaban di atas dengan seksama, disclaimer atau pernyataan penyangkalan ini bertujuan untuk perlindungan bagi pemilik blog atau situs sebagai pemberi informasi melalui artikel yang mereka posting di blog. Seorang pengunjung atau pembaca di anggap menerima aturan-aturan dan kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pemilik blog atau situs secara otomatis.
Bagaimana sobat blogger? Disclaimer ini tidak kalah pentingnya bukan, dengan kebijakan kerahasiaan (privacy policy) dan contact us di blog anda.
Selain itu disclaimer juga bermanfaat menunjukkan kredibilitas dan keprofesionalan blog anda ke blogger lain dan jaringan iklan seperti Google Adsense. Jadi buat anda yang ingin blog atau situs terlihat lebih profesional dan mendaftarkan blog sebagai publisher di google adsense sebaiknya anda memiliki disclaimer di blog anda.
Bagaimana cara membuat disclaimer?
Anda bisa menulis diclaimer ini sendiri sesuai dengan kata-kata anda. Tetapi agar anda tidak perlu repot memikirkan dan merangkai kata demi kata menjadi separagraf kalimat formal seperti seorang ahli bahasa, anda bisa mengunjungi beberapa situs penyedia layanan (pihak ketiga) generate disclaimer yang banyak bertebaran di internet. Seperti pada pembahasan Cara Mudah Membuat Privacy Policy Untuk Blog, disini kita juga akan menggunakan situs penyedia layanan tempat generate privacy policy dahulu yakni www.privacypolicyonline.com. Berikut langkah-langkahnya.

Cara Mudah Membuat dan Memasang Disclaimer Untuk Blog
Caranya hampir sama dengan pembuatan privacy policy, hanya berbeda pada form pengisian data yang diminta. Pada disclaimer form data yang harus diisi lebih sedikit daripada form data pada privacy policy.
1. Pertama silahkan kunjungi situs www.privacypolicyonline.com.
2. Pada halaman utama, silahkan klik Disclaimer Generate seperti gambar berikut.

Disclaimer Generator
Halaman Privacy Online

3. Selanjutnya anda akan dibawa ke halaman seperti gambar berikut, silahkan isi form data yang di minta sesuai dengan data blog atau situs anda, meliputi :

Form Disclaimer Generator
Disclaimer Generator

  • Your Site Title : isi dengan judul blog atau situs anda.
  • Your Site URL : isi dengan url blog atau situs anda.
  • Contact Link : isi dengan contact link blog atau situs anda (url contact us), apabila anda belum memiliki contact link, silahkan anda buat terlebih dengan menyimak panduannya pada artikel Cara Membuat Form Contact Us di Blog.
  • Email Address : isi dengan email contact us anda.
  • Email Encryption : silahkan anda pilih lalu centangkan.
4. Setelah semua form data  yang diminta terisi dengan benar, silahkan klik tombol Generate Disclaimer. Lalu anda akan dibawa ke halaman dimana anda bisa melihat kode HTML disclaimer milik blog anda, seperti gambar berikut.

Kode HTML Disclaimer
Kode HTML Disclaimer

5. Anda bisa mereview hasilnya dengan menekan tombol Preview your Disclaimer seperti gambar berikut. Jika hasilnya sudah sesuai, silahkan copy-paste kodenya ke dalam halaman statis blog anda. Untuk anda yang belum memahami cara pembuatan halaman statis, anda bisa membacanya pada konten Membuat Halaman Statis di Blogger

Preview your Disclaimer
Preview your Disclaimer

Contoh halaman disclaimer HARMANSYAH BLOG.

Disclaimer for HARMANSYAH BLOG
Disclaimer for HARMANSYAH BLOG


Demikian tutorial sederhana tentang cara mudah membuat disclaimer untuk blog. Semoga bisa bermanfaat. "Happy Blogging"

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

0 komentar:

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......