Cara Membuat Sitemap Sederhana di Blogger

|
Cara Membuat Sitemap Sederhana di Blogger - Sitemap blog dalam bahasa indonesia adalah daftar isi blog, yang merupakan salah satu unsur penting yang harus ada di dalam sebuah blog, yang sangat bermanfaat untuk mempermudah pengunjung atau pembaca di blog mengeksplorasi semua konten-konten yang ada di blog.
Selain itu para pengunjung juga dapat mengetahui isi artikel blog per-label atau per-kategori secara keseluruhan, tanpa harus bingung mengetikan kata kunci pada kotak pencarian untuk mencari artikel atau konten yang mereka inginkan. Jadi sitemap atau daftar isi tidak hanya harus ada dan diterapkan pada sebuah skripsi saat menyusun skripsi, tetapi juga harus ada dan diterapkan pada sebuah blog. Bagaimana sobat sungguh sangat bermanfaat untuk blog bukan?
Sitemap yang akan saya share pada pembahasan kali ini yakni sebuah kode sitemap sederhana yang menampilkan semua label beserta konten-konten sesuai dengan labelnya secara berurutan dan inshaAllah responsive. Di dalam sitemap juga bisa dilihat mana postingan lama dan mana postingan terbaru. Berikut screenshot sitemap yang saya maksud.

Sitemap atau Daftar Isi - Blogger
Sitemap atau Daftar Isi

Cara membuat dan memasangnya pun sangat mudah sekali. Anda tidak harus mempunyai skill untuk menguasai HTML agar bisa membuatnya sendiri, karena anda tinggal copy paste kode yang akan saya share ke halaman statis blog anda. Yuk kita langsung ke langkah-langkahnya.

Cara Membuat dan Memasang Sitemap atau Daftar Isi Sederhana Responsive di Blogger
1. Pertama, silahkan anda login ke akun blooger anda. Pada menu blogger atau dashboard, pilih menu Laman, lalu klik Laman baru.

Laman - Blogger

2. Perhatikan gambar di bawah, pada menu editor silahkan isi judul Sitemap atau Daftar Isi pada kolom nomor 1 pilih mode HTML, selanjutnya copy paste kode kode di bawah ini pada kolom nomor 2.

Menu Editor - Blogger

kode sitemap atau daftar isi
<div style="overflow:auto;width:700px;height:700px;padding:10px;border:1px solid #eee">
<script style="text/javascript" src="https://cdn.rawgit.com/harmansyah/harmansyah-html/48f3ff56/daftar%20isi%20biasa.js"></script>
<script src="http://harmansh.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>
</div>
Ketikan http://harmansh.blogspot.com berwarna biru, silahkan anda ganti dengan URL blog anda.

3. Jika semua sudah terisi dengan benar, silahkan klik Publikasikan.
Sekarang blog anda sudah memiliki stemap atau daftar isi, untuk memastikan sitemap sudah terpasang silahkan klik lihat yang terletak tepat di bawah judul halaman statis yang anda buat, seperti gambar berikut.
Lihat Sitemap - Blogger


Seperti yang saya sudah jelaskan pada artikel Membuat Halaman Statis di Blogger, secara default halaman statis tidak ditampilkan di homepage blog. Selain itu tidak ada link yang bisa digunakan untuk menuju ke halaman statis yang baru saja anda buat, dalam hal ini sitemap. Untuk menampilkan link sitemap yang anda buat tadi, anda bisa menggunakan widget laman atau anda juga bisa memasukkan link sitemap anda ke dalam menu navigasi blog anda, seperti pada blog saya ini. Berikut langkah-langkahnya.
Jika menu navigasi anda terletak di dalam template.
1. Pada menu blogger atau dashboard, silahkan pilih Tema atau Template, lalu klik Edit HTML, kemudian cari kode menu navigasi anda. kurang lebih akan tampak seperti berikut.

Kode HTML Menu Navigasi - Blogger
2. Ganti tanda pagar dengan URL sitemap blog anda. Pada tulisan Menu 1, silahkan ganti dengan judul halaman statis anda yakni Sitemap atau Daftar Isi.
3. Terakhir Simpan Template.

Jika menu navigasi anda terletak pada Tata Letak.
1. Pada menu blogger atau dashboard, silahkan pilih Tata Letak, lalu klik Edit pada gadget atau widget menu navigasi.
2. Masukkan atau sisipkan URL sitemap ke dalam kode HTML menu navigasi anda.
3. Terakhir klik Simpan.

Baca juga : Cara Membuat Daftar Isi atau Sitemap dengan Menu Accordion

Demikian cara mudah membuat dan memasang sitemap sederhana di blogger. Semoga bermanfaat. "Happy Blogging"

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

3 komentar:

Harmansyah said...

@Sisca Yuliani, my plaesure, okey wait

jokosuryanto said...

permisi om...
saya baru bikin blog 1 hari kemarin, target pengunjung adalah mahasiswa saya. tolong beri advice blog saya om... mydjaka.blogspot.co.id. terima kasih.

Harmansyah said...

@Joko Suryanto STIPER Kutim, saya juga bisa dikatakan masih baru dalam dunia blog. Tergantung bapak ingin menargetkan pengunjung mahasiswa bapak dari mana, kalau dari google kemungkinan akan sulit karena persaingan antar blog (tampil nomor satu dihalaman pertama google) yang tidak bisa dihindari, apalagi umur blog bapak yg masih baru. Tapi kalau dari sosial media inshaAllah bisa dengan bapak membuatkan fanspage facebook diblog bapak dan menyuruh semua mahasiswa bapak untuk meng-like fanspage facebook bapak. Dengan begitu semua mahasiswa bapak akan tetap mendapatkan update postingan blog bapak lewat facebook. Kalau bapak berminat silahkan simak di http://harmansh.blogspot.co.id/2017/07/membuat-dan-memasang-fanspage-facebook-di-blog.html

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......