Pengertian Fungsi dan Manfaat Internet

|
Pengertian Fungsi dan Manfaat Internet

Pengertian Fungsi dan Manfaat Internet - Internet pada jaman sekarang bukan hanya sebagai trend gaya hidup manusia, tetapi internet sudah berevolusi menjadi kebutuhan pokok manusia. Tanpa adanya akses internet, kehidupan seseorang ketika bangun dari tidur terlihat masih tertidur pulas diatas tempat tidur. Internet mampu menambah wawasan manusia, karena internet dapat memberitahu manusia tentang berbagai hal yang ada di seluruh belahan bumi bahkan ruang galaksi yang hanya sedikit orang bisa mengunjunginya.
Hampir semua kalangan manusia mulai dari balita sampai tua membutuhkan internet. Internet memudahkan para orang tua mencari hiburan yang dikhususkan untuk anak balita. Siswa dan mahasiswa membutuhkan internet sebagai pendukung proses belajar mengajar, hingga para pekerja kantoran yang memanfaatkan internet untuk keperluan bisnis mereka seperti pemasaran (marketing). Untuk mengenal lebih jauh mengenai internet, dalam artikel ini saya akan mengulas Apa itu internet? Sejarah internet? Fungsi dan manfaat Internet? Layanan yang terdapat pada internet? serta Apa dampak positif dan negatif internet?. Cekidot.

Pengertian Internet.
Internet ( interconnection-networking ) adalah seluruh jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket ( packet switching communication protocol ) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia melalui saluran telepon, satelit dan sebagainya.

Sejarah Internet
Awalnya jaringan komputer ini dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Layanan-layanan Internet
Internet yang sering disebut oleh orang-orang sebagai dunia maya, menyediakan sekian banyak layanan yang dapat digunakan oleh para penggunanya. Berikut beberapa layanan internet paling populer yang bisa dinikmati para pengguna internet.

1. WWW (World Wide Web)



WWW adalah adalah suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Pengidentifikasi Sumber Seragam untuk mengenal pasti sumber daya berguna. WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripada Internet.
WWW merupakan kumpulan peladen web dari seluruh dunia yang mempunyai kegunaan untuk menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama.WWW merupakan bagian paling menarik dari Internet. Melalui web, para pengguna bisa mengakses informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks tetapi bisa juga berupa gambar, suara, video dan animasi.

2. Email


Email - Internet

Email singkatan dari Elektronik Mail atau surat elektronik merupakan surat elektronik yang dikirim dan diterima antar pengguna komputer melalui jaringan komputer (misalnya internet). Elektronik mail memiliki banyak manfaat terutama dalam dunia kerja dan bisnis karena berfungsi sebagai alat komunikasi yang cepat, murah dan efisien. Selain itu terdapat beberapa fungsi serta manfaat e-mail diantaranya :

  • Sebagai media komunikasi
  • Sebagai media pengiriman dan penerima data
  • Sebagai media informasi
  • Sebagai media promosi
  • Sebagai sarana resgistrasi SNS ataupun akun blog dan website lainnya
  • Mengefisiensi waktu dan menghemat biaya.
Terdapat banyak sekali layanan email yang bisa digunakan para pengguna internet, mulai dari Gmail yang menawarkan keuntungan ruang penyimpanan yang besar hingga Yahoo Mail, AOL Mail atau Windows Live Mail yang memiliki kelebihannya tersendiri. Jika ingin membuat email di google mail, silahkan baca artikel berjudul Cara Membuat EMail di GMail Google Terbaru sebagai panduannya.

3. Usenet


Usenet - Internet

Usenet adalah sistem diskusi Internet yang terdistribusi secara global. Sistem ini dikembangkan dari arsitektur serbaguna UUCP dari nama yang sama.
Mahasiswa pascasarjana Universitas Duke bernama Tom Truscott dan Jim Ellis mencetuskan idenya pada tahun 1979 untuk selanjutnya membangun sistem ini pada tahun 1980. Pengguna membaca dan mengirim pesan umum (disebut artikel atau posting, dan secara kolektif disebut berita) ke satu kategori atau lebih yang disebut newsgroup. Usenet menyerupai Bulletin Board System (BBS) dalam banyak hal, dan merupakan awal dari berbagai forum Internet yang banyak digunakan saat ini, secara kasar dapat dianggap sebagai hibrida antara surat elektronik dan forum web. Diskusi disusun menurut topik diskusi, dan ditampilkan oleh Newsreader seperti halnya susunan forum web dan BBSes, meskipun artikel disimpan pada peladen secara berurutan.

4. FTP (File Transfer Protocol)


File Transfer Protocol (FTP) - Internet

File Transfer Protocol (FTP) dalam bahasa indonesia protokol pengiriman berkas adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file (berkas) dalam suatu jaringan yang menggunakan TCP koneksi bukan UDP. Dua hal yang penting dalam FTP adalah FTP Server dan FTP Client. FTP server adalah suatu server yang menjalankan software yang berfungsi untuk memberikan layanan tukar menukar file dimana server tersebut selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapat permintaan (request) dari FTP client.
FTP client adalah computer yang merequest koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file. Setelah terhubung dengan FTP server, maka client dapat men-download, meng-upload, merename, men-delete, dll sesuai dengan permission yang diberikan oleh FTP server.

Tujuan dari FTP server adalah sebagai berikut :
  • Untuk tujuan sharing data.
  • Untuk menyediakan indirect atau implicit remote computer.
  • Untuk menyediakan tempat penyimpanan bagi user.
  • Untuk menyediakan transfer data yang reliable dan efisien.
Proses pada FTP antara lain :
  • Upload, Proses transfer data dari komputer local ke komputer server yang menyediakan akses FTP.
  • Download, Proses transfer data dari komputer server ke komputer local.
5. Chatting
Chatting (obrolan) adalah suatu feature atau suatu program di Internet untuk berkomunikasi langsung sesama pengguna internet yang sedang online / yang sedang sama-sama menggunakan Internet. Komunikasi ini dapat berupa teks (text chat) ataupun suara (voice chat).

Atau definisi chatting adalah suatu pesan instant ataupun instant messaging pada sebuah teknologi jaringan komputer yang mengijinkan pemakainya untuk mengirimkan pesan ke pengguna lain yang tersambung dalam sebuah jaringan komputer ataupun internet.
Chatting tidak hanya populer dikalangan kaum remaja atau anak muda saja tetapi jaman sekarang ini, sudah merambah ke kalangan orang tua sekalipun. Dengan adanya  chatting, anda dapat dengan bebas mengobrol mengenai apa saja mulai dari persahabatan, pekerjaan, pelajaran di sekolah, mata kuliah, sampai masalah percintaan dan perjodohan, bahkan sampai dengan hal-hal bersifat pribadi sekali pun.

6. Gopher


Gopher - Internet

Gopher adalah protokol layer aplikasi TCP/IP yang dirancang untuk distribusi, pencarian, dan pengambilan dokumen melalui Internet. Sangat berorientasi pada desain dokumen menu, protokol Gopher disajikan menarik untuk alternatif World Wide Web pada tahap awalnya, tetapi akhirnya gagal mencapai popularitas.
Namun dengan struktur hierarki, Gopher memberikan platform berguna untuk skala besar koneksi perpustakaan elektronik pertama. Pengguna Gopher ingat bahwa sistem "lebih cepat dan lebih efisien dan jauh lebih terorganisir" dari layanan Web saat ini. Meskipun sebagian besar digantikan oleh Web pada tahun berikutnya, protokol Gopher masih digunakan oleh penggemar, dan server populasi kecil tetap aktif dipertahankan.

7. File sharing
File sharing atau berbagi berkas adalah kegiatan mendistribusikan atau menyediakan akses ke media digital, seperti program komputer, multimedia (audio, gambar, dan video), dokumen-dokumen atau buku elektronik. Praktik distribusi berkas dapat dilakukan dalam beberapa cara. Metode yang umum digunakan adalah penyimpanan, transmisi dan penyebaran termasuk metode manual dengan memanfaatkan media penyimpanan portabel, server pada jaringan komputer, World Wide Web berbasis dokumen hyperlink, dan penggunaan jaringan peer-to-peer.
Penyebaran berkas pada komputer lain bisa menggunakan menggunakan indeks pada direktori server. Teknologi P2P digunakan oleh layanan populer seperti Napster, Spotify, dan Infinit. Salah satu protokol yang paling populer untuk berbagi P2P adalah BitTorrent.

8. BBS
BBS (Bulletin Board System) atau Sistem papan Buletin adalah sistem elektronik yang standar, rendah biaya, dan akar rumput untuk menyiarkan atau merespon informasi mengenai suatu tema yang spesifik. Sistem papan buletin dijalankan secara lokal dan sering terhubung dengan sistem papan buletin lain dalam skala nasional atau internasional. Biasanya, jaringan-jaringan ini memberikan pelayanan dalam daerah yang berdekatan secara geografis dan kebutuhan spesifik dari pengguna lokal.
Papan buletin menyediakan fitur-fitur yang bermanfaat, seperti surat elektronik, fasilitas konferensi sederhana, mengunggah dan mengunduh perangkat lunak dan data, papan buletin untuk memublikasikan dan membaca pesan, kemampuan bertukar pesan dengan pengguna lain, dan beragam pelayanan lainnya yang terkait dengan tujuan atau lokalitas dari papan buletin itu sendiri. Informasi yang dapat diterima ditentukan dari fitur jaringan lokal. Jaringan ini menyerap biaya yang sangat sedikit dan sangat mudah untuk diaplikasikan. Untuk mengakomodasi jumlah pengguna yang besar, tampilan dari sistem papan buletin tetap relatif sederhana dan dapat digunakan dalam semua sistem komputer.
Program sistem papan buletin yang beroperasi di seluruh dunia jumlahnya ribuan, di antaranya adalah FrEdMail, FiDOnet, ENAN, K 12net, berbagai komunitas Free-Nets. Sebagai contoh di Indonesia, ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) Surabaya menggunakan sistem papan buletin berbasis desktop yaitu BBS Informatika dan Aisha. Aplikasi desktop mempunyai daya jangkau yang terbatas di dalam jaringan area lokal atau LAN (Local Area Network) di mana server database terpasang.

9. Mailing List
mailing List atau biasa disebut dengan Milis adalah grup diskusi di Internet di mana setiap orang bisa berlangganan dan berikutserta didalamnya. Anggota milis dapat membaca surat dari orang lain dan kemudian mengirimkan balasannya. Secara sederhana, milis adalah sebuah daftar alamat surat elektronik yang mempunyai kesukaan/kepentingan yang sama.
Saat seseorang mengirimkan surat yang kemudian dikirimkan ke semua orang yang terdapat di dalam daftar, penerima pesan memiliki kebebasan untuk membalas topik diskusi tersebut atau tidak.
Setiap kali ada orang membalas sebuah surat, surat tersebut disalurkan ke setiap kotak surat masing-masing orang yang terdapat di dalam daftar. Semua proses ini diatur oleh sebuah program yang dinamakan Mailing List Manager (MLM's) atau Mail Servers.
Berdasarkan topik diskusi, milis ada bermacam-macam. Ada milis umum, ada milis yang membahas bidang ilmu tertentu (misalnya Teknologi Informasi), ada senarai yang membahas masalah agama, dan sebagainya.
Penyedia layanan milis yang dikenal luas antara lain adalah yahoogroups.com dan googlegroups.com.
Daftar untuk penggunaan milis dapat disebut sebagai daftar distribusi. Dalam milis yang legal atau tidak bermuatan spam, individu dapat berlangganan atau berhenti berlangganan sendiri.

Fungsi dan Manfaat Internet
Secara umum fungsi dan manfaat internet adalah sebagai berikut :
  1. Media Informasi - Internet merupakan media penyimpan segala informasi dan fasilitas mesin pencari membantu memudahkan pencarian informasi tertentu di antara banyaknya informasi yang tersedia. Informasi tersebut diantaranya lowongan pekerjaan, harga barang tertentu, berita lama atau baru dan lain sebagainya.
  2. Alat Komunikasi - Internet dapat mendukung kegiatan komunikasi interpersonal maupun komunikasi massa (akses berita dan sosial media). Komunikasi ini diantaranya seperti chatting, usenet, newsgroup, mailing list dan lain sebagainya.
  3. Sarana pendukung kegiatan pendidikan - Internet membantu memperoleh buku-buku secara online maupun offline serta halaman-halaman web yang berguna dalam pencarian informasi demi kepentingan pendidikan. Misalkan ketika seorang mahasiswa hendak menyusun skripsi, saat menyusun skripsi selain mendapatkan refrensi dari buku-buku diperpustakaan mereka juga banyak mendapatkan banyak refrensi dari website di internet dan mencantumkan link url website tersebut ke dalam daftar pustaka skripsi mereka.
  4. Sarana pendukung kegiatan ekonomi - Internet dapat menjadi media transaksi jual-beli secara online dan mendukung kegiatan finansial lainnya  (e-commerce dan e-banking). kegiatan ekonomi ini banyak dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga yang ingin memiliki aktifitas kerja tanpa mereka harus keluar rumah meninggalkan kewajiban mereka sebagai ibu rumah tangga.
  5. Sarana hiburan - Sarana untuk mencari data yang bersifat menghibur dan dapat pula sebagai sarana penyaluran ide kreatif. Menghibur disini sontohnya ketika seseorang sedang dalam keadaan galau dan orang tersebut mencari hiburan dengan menonton film bioskop online atau youtube, curhat di media sosial dan lain sebagainya. Sedang penyaluran ide kreatif ya seperti membuat blog atau website.
Dampak Positif dan negatif Internet
Internet selain memiliki fungsi dan manfaat, ada juga dampak positif dan dampak negatif yang ditimbulkan diantaranya sebagai berikut :
a. Dampak positif  internet
Dengan adanya internet, cukup banyak dampak positif yang didapatkan oleh penggunanya, antara lain.
  1. Waktu lebih efisien - Internet dapat membuat segalanya menjadi lebih praktis dan efisien. Orang tidak harus repot ke perpustakaan atau toko buku untuk mencari kamus dan membukanya, karena dapat langsung mengakses google translate di internet.
  2. Menambah lapangan kerja - Dengan internet seseorang bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dan aktifitasnya pun tidak harus keluar rumah. Melalui internet seseorang dapat menjadi publisher iklan dengan membuat blog atau website atau membuat website online shop untuk memasarkan barang dan ditawarkan di media sosial.
  3. Menghemat biaya - Internet, selain membuat waktu menjadi lebih efisien, juga dapat menghemat biaya. Misalkan membeli barang, seseorang bisa belanja secara online tanpa harus bepergian jauh keluar kota bahkan ke luar negeri yang membutuhkan banyak biaya untuk membeli barang yang seseorang inginkan.
  4. Manusia yang lebih berkembang - Menurut yang saya tahu, sebagian besar manusia pasti memiliki rasa penasaran terhadap sesuatu (rasa ingin tahu). Misalkan seseorang penasaran tentang bagaimana cara merakit sebuah komputer dan melakukan browsing untuk mencari tutorialnya hingga ketemu. Maka secara otomatis orang tersebut akan memiliki ilmu pengetahuan baru tentang komputerisasi dan berkembang secara terus menerus.
b. Dampak negatif internet
Berikut dampak negatif yang didapatkan oleh pengguna internet dan cara meminimalisir dampak negatif tersebut.
  1. Mudah tersebarnya informasi palsu (HOAX) - Ketika anda mendapatkan sebuah informasi ntah itu dari media sosial, blog atau website, ada baiknya menelaah informasi tersebut terlebih dahulu dengan menanyakannya ke orang yang bersangkutan (lebih tahu) untuk mencari kebenarannya atau dengan mencari informasi yang sama ke media penyedia informasi yang lebih akurat.
  2. Pendewasaan dini - Anak dibawah umur jaman sekarang mampu mengakses situs dengan konten dewasa di internet. Walau telkom sudah mengantisipasinya dengan memblokir situs-situs tersebut menggunakan iternet positif, ada banyak aplikasi bertebaran diinternet yang bisa digunakan untuk membuka blokir dari internet positif. Jalan satu-satunya untuk meminimalisir dampak ini yakni dengan membatasi penggunaan internet untuk anak dan mendampingi anak ketika sedang mengakses internet.
  3. Meningkatnya kasus pemerkosaan - Menghindari untuk mengakses situs-situs dengan konten dewasa dan belajar mengolah hati serta pikiran.
  4. Kesehatan manusia - Terlalu asyik bermain game online seperti dota dapat membuat orang menjadi lupa waktu, makan dan lain sebagainya. Tentu saja hal itu akan berdampak buruk untuk kesehatan misalnya tulang punggung yang membungkuk dan anemia. Solusi untuk meminimalisir dampak tersebut yakni dengan membuat jadwal penggunaan internet dan membatasi penggunaan internet pada jam-jam tertentu.
  5. Meningkatnya kasus penipuan - Kasus penipuan dari media sosial sekarang ini sudah banyak terjadi dimana-mana. Mulai dari penipuan Pemberi Harapan Palsu (PHP) dan penipuan barang fiktif (hasil pengamatan berita di televisi).
Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

0 komentar:

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......