Cara Install Movie Maker di Windows 7 Lengkap

|
Cara Install Movie Maker di Windows 7 Lengkap

Cara Install Movie Maker di Windows 7 Lengkap dengan Gambar - Buat anda pengguna Windows tentunya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Windows Movie Maker. Windows Movie Maker merupakan aplikasi editing video yang cukup ringan dan sederhana yang digunakan untuk mengubah  gambar, file audio dan klip pendek menjadi sebuah film/video dalam berbagai format. Aplikasi ini sangat cocok untuk para pengguna awam yang ingin belajar edit video sederhana dan aplikasi ini juga bisa digunakan pada komputer atau laptop yang memiliki spesifikasi sedang atau menengah kebawah.

Aplikasi asli buatan Microsoft ini memiliki banyak tool yang memang didesain guna mendukung aktifitas editing video. Sebagai aplikasi asli Microsoft, Movie Maker secara default disematkan pada sistem operasi mereka, tetapi untuk sistem operasi Windows 7 Microsoft tidak menyertakan aplikasi ini.

Mengapa demikian ?
Hal ini disebabkan Microsoft telah mengupgrade aplikasi Movie Maker ke dalam bentuk bundling, menjadi satu dalam keluarga Windows Live yang terdiri dari; Writer, Messenger, Messenger Companion, Family Safety, Mail, Bing Bar Windows Live Mesh dan Outlook Connector Pack serta Photo Gallery and Movie Maker. Untuk dapat menginstal Movie Maker anda wajib untuk memiliki aplikasi Photo Gallery terlebih dahulu.

Namun kini dengan adanya bundling dalam keluarga Windows Live, anda tidak perlu harus melakukan installasi secara terpisah karena seluruh aplikasi yang dibutuhkan ada dalam 1 paket installasi. Berikut langkah-langkahnya.

Download Installer Movie Maker
Sebelum melakukan installasi, anda harus mendownload terlebih dahulu software Movie Maker. Karena Movie Maker ini sudah tidak tersedia lagi pada website official Microsoft, anda bisa mengambilnya pada url situs berikut.

https://www.jawarafile.com/download-windows-movie-maker/
Install Movie Maker di Windows 7
Setelah software Movie Maker selesai diunduh, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan ialah menginstallnya ke komputer anda. berikut langkah-langkahnya.
1. Klik dua kali file wlsetup-all.exe yang sudah anda download tadi.

Cara Install Movie Maker di Windows 7 Lengkap

2. Pada awalnya anda akan diberi pilihan, apakah anda akan menginstall semua atau beberapa aplikasi yang ada pada Windows Essentials. Namun karena anda hanya akan menginstall Movie Maker di Windows 7, maka pilih Choose the programs you want to install.

Cara Install Movie Maker di Windows 7 Lengkap

3. Hilangkan semua centang (ceklist) kecuali pada pilihan Photo Gallery and Movie Maker, atau jika anda menginginkan program yang lain silahkan centang pilihan anda. Kemudian klik tombol Install.


4. Tunggu proses install sampai selesai.

Cara Install Movie Maker di Windows 7 Lengkap

Cara Install Movie Maker di Windows 7 Lengkap

5. Selamat Windows Movie Maker sudah siap digunakan, Jika muncul pemberitahuan Microsoft Services Agreement pilih saja Accept.

Cara Install Movie Maker di Windows 7 Lengkap


Sekarang aplikasi Movie Maker sudah siap anda gunakan di Windows 7 untuk mengedit video, mengubah berbagai foto, audio, ataupun klip menjadi sebuah video dalam berbagai format. Selain itu, Anda juga bisa menerapkan berbagai ragam tema, transisi, teks, dan visual efek yang sudah tersedia didalamnya.

Kelebihan Menggunakan Movie Maker

1. Mudah Digunakan
Jika kamu seorang editor video pemula, kamu bisa menggunakan software ulead video studio. Karena memang memiliki tampilan user yang lebih untuitif dan fiturnya lengkap. Bahkan, jika kamu merasa kesulitan, tidak perlu khawatir, karena software banyak sekali tutorial penggunaan yang membahasnya.

2. Lengkap
Banyak fitur yang disediakan oleh ulead video studio membuat Anda lebih mudah melakukan proses editing. Fitur aplikasi yang ada diantarannya sudah ada import video, color correction, merge/join, video stabilizer dan rotate dan split. Dan, sebenarnya masih banyak fitur lainnya. Bahka, di software ini juga ada versi ultimate dari video studio yang fiturnya terkenal lebih lengkap. Termasuk disediakan tamplate untuk melakukan editing video dan suara.

3. Stabil
Di dalamnya terdapat stabilizer, fungsinya untuk mengatur agar video tidak pecah atau goyang-goyang.

4. Live Chart Support Corel
Fitur live chart ke customer support corel langsung terintegrasi ke software. Sehingga memberikan pertanyaan dan juga melaporkan error ketika terjadi permasalahan editing. Jadi, ketika terjadi permasalahan, kamu bisa terhubung dan meminta bagian user memberikan masukan atas masalah yang tengah dihadapi.

5. Harga Bersaing
Di lihat dari harga, ulead video studio masih terjangkau. Harga software versi ultimate sekitar $130. Sedangkan software versi pro hanya $90. Dibandingkan software yang lain, harga ini lebih murah, karena softaware yang lain jauh lebih mahal.

6. Tersedia Sublitle Editor
Keuntungan menggunakan software ini adalah, sudah ada fitur subtitle editor. Jadi, jika kamu ingin menambahkan subtitle di video secara otomatis lebih mudah.

Kelemahan Menggunakan Movie Maker

1. Tidak Memiliki Watermark
Kekurangan dari software ini adalah tidak memiliki fitur watermark video. sedangkan software lainnya, umumnya menyediakan watermark.

2. Track Video Monoton dan Sering Bermasalah
Video track ini terkesan monoton dan kaku. Sedangkan software lain seperti adobe track video lebih fleksibel dan apik. Bahkan, sering juga mengalami permasalahan. Masalah yang sering dikeluhkan umumnya adalah, area yang ditandai sering hilang dan ketika dipasang path seringkali juga tidak tepat.

Demikian tutorial sederhana mengenai cara install movie maker di windows 7. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

2 komentar:

Himawan Sant said...

Kegiatan menyenangkan juga ya mas mengutak-atik ngedit film jadi tayangan bagus sebelum ditonton.

Terimakasih tutorialnya, mas Harman.

Harmansyah said...

@himawan sant, sama-sama mas hima, kegiatan editing video untuk traveler seperti mas hima menurut saya, sudah jadi makanan sehari-hari untuk mas hima dan aplikasi yang digunakan pun pasti aplikasi yang lebih bagus dari movie maker diatas.

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......