Pengertian Blog dan Website Serta Manfaat dan Kegunaannya

|
Pengertian Blog dan Website Serta Manfaat dan Kegunaannya

Pengertian Blog Website Serta Manfaat dan Kegunaannya - Terciptanya jaringan internet memberikan dampak positif yang cukup banyak dan sangat membantu kehidupan manusia sehari-hari. Jaringan yang memungkinkan masyarakat mengakses segala informasi dari berbagai penjuru dunia ini membuat sistem informasi memasuki babak baru. Salah dua media penyedia informasi melalui internet adalah blog dan website. Blog dan website secara umum adalah sebuah media yang digunakan pengguna untuk menyampaikan informasi atau membuat tulisan (informasi) dapat dibaca oleh seluruh pengguna internet didunia.

Blog dan website merupakan dua hal utama yang diakses di jaringan internet. Tanpa kehadiran kedua media ini, maka koneksi internet nyaris tidak ada gunanya sama sekali. Buat anda yang belum mengetahui apa itu blog dan website, perbedaan blog dan website, serta apa manfaatnya. Disini saya akan mencoba membahasnya secara lengkap mengenai keduanya.

Pengertian Blog
Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian yang artinya urutannya bisa diatur atau dibalik. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, mulai dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga blog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga blog yang bersifat sebaliknya (non-interaktif).

Situs-situs web yang saling berkaitan berkat blog, atau secara total merupakan kumpulan blog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subjek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.

Kriteria blog :

  • Bersifat informatif yang memuat informasi sesuai dengan niche blog atau info penting yang dirasa perlu ditulis oleh admin atau pemilik blog tersebut.
  • Non formal, bersifat pendukung, dan bersifat pribadi. Sebuah blog biasanya digunakan untuk keperluan non formal dan untuk pribadi.
Pengertian Website
Website berbeda dengan blog walau tujuannya dari keduanya sama yakni sebagai media penyedia informasi di inernet, website lebih ke arah static dan bersifat utama bukan untuk pendukung. Situs web (bahasa Inggris: website) adalah suatu halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi. Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti Internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat Internet yang dikenali sebagai URL. Gabungan atas semua situs yang dapat diakses publik di Internet disebut pula sebagai World Wide Web atau lebih dikenal dengan singkatan WWW. Meskipun setidaknya halaman beranda situs Internet umumnya dapat diakses publik secara bebas, pada praktiknya tidak semua situs memberikan kebebasan bagi publik untuk mengaksesnya, beberapa situs web mewajibkan pengunjung untuk melakukan pendaftaran sebagai anggota, atau bahkan meminta pembayaran untuk dapat menjadi aggota untuk dapat mengakses isi yang terdapat dalam situs web tersebut, misalnya situs-situs yang menampilkan pornografi, situs-situs berita, layanan surel (e-mail), dan lain-lain. Pembatasan-pembatasan ini umumnya dilakukan karena alasan keamanan, menghormati privasi, atau karena tujuan komersial tertentu.


Sebuah halaman web merupakan berkas yang ditulis sebagai berkas teks biasa (plain text) yang diatur dan dikombinasikan sedemikian rupa dengan instruksi-instruksi berbasis HTML atau XHTML, kadang-kadang pula disisipi dengan sekelumit bahasa skrip. Berkas tersebut kemudian diterjemahkan oleh peramban web dan ditampilkan seperti layaknya sebuah halaman pada monitor komputer.

Halaman-halaman web tersebut diakses oleh pengguna melalui protokol komunikasi jaringan yang disebut sebagai HTTP, sebagai tambahan untuk meningkatkan aspek keamanan dan aspek privasi yang lebih baik, situs web dapat pula mengimplementasikan mekanisme pengaksesan melalui protokol HTTPS.

Keriteria website
  • Memiliki nama domain atau TLD yang resmi (contoh .com, .net, .org, co.id, web.id, dsb).
  • Bersifat formal dan profesional.
  • Komunikasi bersifat satu arah.
  • Bersifat transaksional.
Manfaat dan Kegunaan Blog dan Website
Manfaat dan kegunaan blog dan website bisa anda dilihat dari dua sisi yakni Pemilik blog atau website dan Pengunjung blog atau website. Berikut manfaat dan kegunaannya.

1. Pemilik
  • Berbagi Pengetahuan : Tidak semua keahlian atau pengetahuan yang anda miliki dapat dengan mudah dibagikan. Alasannya, belum tentu orang-orang di sekitar anda sepenuhnya tertarik dengan keahlian yang anda miliki. Ini sebenarnya terkait pada terbatasnya jangkauan yang anda miliki. Nah, dengan menggunakan blog untuk berbagi pengetahuan, akan lebih tepat sasaran menuju para pembaca yang tertarik dengan hal yang anda sajikan.
  • Menambah Wawasan : Dengan ngeblog biasanya wawasan seseorang akan bertambah luas, keinginan untuk selalu mengupdate blog membuat para blogger berusaha untuk selalu mendapatkan informasi dan pengetahuan baru untuk dituliskan di blog miliknya. Selain itu biasanya blogger akan berteman dengan blogger lain, walaupun hanya di dunia maya, namun aktivitas tersebut membuat para blogger saling membaca informasi yang ada di blog kawannya tersebut, hal ini tentu akan semakin menambah wawasan.
  • Mengasah Kemampuan Menulis : Cara untuk menjadi penulis terbaik adalah dengan menulis. Tentu anda pun dapat melakukannya. Anda dapat memulai dengan menulis artikel dalam topik tertentu secara rutin. Hal inilah yang dilakukan oleh para blogger, mereka menghabiskan waktunya dengan menulis. Semakin sering anda menulis, semakin baik juga tulisan yang akan anda hasilkan.
  • Menghasilkan Uang Secara Online : Ingin mencari masukan tambahan? Anda dapat melakukannya dengan cara membuat blog. Sudah bukan rahasia lagi kalau blog bisa menghasilkan uang. Blog yang dikelola dengan baik dan ramai pengunjungnya bisa memasang layanan iklan seperti Google AdSense maupun Audience Network. Selain itu blog bisa untuk tempat jualan, bisa untuk tempat promosi, sarana review dan lainnya. Sudah banyak yang berhasil menghasilkan puluhan juta perbulan bahkan miliaran pertahun dari blognya. Hebatnya, mereka tidak perlu keluar rumah untuk menuju tempat kerja, tapi hanya duduk dirumah dan menulis di blog saja.
2. Pengunjung atau Pembaca
Manfaat yang paling besar yang bisa didapatkan oleh pengunjung atau pembaca dari blog dan website adalah sebagai Sumber Informasi. Dengan kehadiran blog dan website, orang dapat dengan mudah mengakses informasi yang orang butuhkan. Orang dapat menemukan dan mempelajari banyak hal melalui internet dengan memanfaatkan mesin pencari seperti google dan yahoo untuk menemukan deretan daftar blog dan website yang menyediakan informasi yang mereka butuhkan.

Demikian pembahasan mengenai Pengertian Blog dan Website serta Manfaat yang bisa diambil baik itu pemilik blog atau website maupun pengunjung blog atau website. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

2 komentar:

Himawan Sant said...

Happy blogging juga, mas Herman.
Terimakasih, artikel perbedaan website dan blognya berguna untuk semua pembaca.

Harmansyah said...

@himawan sant, happy blogging juga mas hima, semoga bermanfaat

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......