Cara Mengatasi Sound PC Tidak Bunyi

|
Cara Mengatasi Sound PC / Komputer Tidak Bunyi - Ketika sedang melakukan aktifitas dengan komputer, sepertinya akan lebih menyenangkan apabila melakukan aktifitas tersebut sambil mendengarkan musik dari komputer. Saat menggunakan aplikasi yang membutuhkan suara seperti aplikasi DJ, Mixer, Media Player, dan Game, tentunya suara menjadi bagian penting yang harus ada. Tetapi bagaimana jika Sound PC / komputer tidak mengeluarkan Suara atau tidak berbunyi ?

Jangan panik dan bingung jika anda mengalami hal ini. Anda bisa melakukan beberapa cara yang akan saya share untuk anda, untuk mengetahui apa penyebab komputer anda tidak mengeluarkan suara serta langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk mengatasinya.

1. Cek Speaker
Pastikan lampu indikator pada spaker menyala, untuk meyakinkan bahwa speaker tidak dalam keadaan mati. Cek juga volume speaker, pastikan tidak sedang di mute. Kemudian cek kabel speaker, apakah jack speaker terpasang dengan benar ke port pada CPU. Jika speaker memang hidup dan terpasang dengan benar, kemungkinan speaker bermasalah. Untuk memastikannya, coba gunakan headset. Apakah headset bisa mengeluarkan suara?
Jika headset mengeluarkan suara, berarti benar, speaker anda bermasalah dan perlu di perbaiki/ diganti. Tapi jika ternyata headset pun tidak bersuara, padahal headset dalam kondisi baik, maka anda perlu mencoba point nomor 2.

2. Cek Port Audio
Pada CPU umumnya tersedia dua port audio, yaitu di bagian depan CPU agar mempermudah pengguna mengaksesnya, serta di belakang CPU. Jika anda memasang jack audio pada bagian depan, coba pindahkan ke bagian belakang; atau sebaliknya. Jika setelah di pindah suara muncul kembali maka port audio anda mengalami masalah. Anda bisa mengatasinya dengan menggantinya, atau lebih mudah, pakai saja port yang satunya. Namun jika meskipun di pindah suara tetap tidak keluar, dan kamu yakin sebelumnya port yang satu tidak bermasalah. Maka lanjutkan pengecekan pada point 3.

3. Cek Sound Driver
Sebelum mengecek soud driver, cek terlebih dahulu pengaturan volume spaker pada komputer anda, dengan mengklik icon speaker di ujung kanan start bar. Pastikan volume speaker tidak dalam keadaan di mute. Jika pada pengaturan volume spaker tidak di mute, lanjutkan dengan mengecek sound driver pada PC anda. Caranya sebagai berikut :

  • Buka Start Menu.
  • Klik kanan pada Computer, lalu pilih Properties > Device Manager. Anda juga bisa mengaksesnya melalui Control Panel > Hardware & SoundDecive Manager.
Cara Mengatasi Sound PC Tidak Bunyi - Computer


Pada Device Manager akan tampil semua peripheral yang terhubung pada PC anda, termasuk sound. Klik panah pada bagian sound, jika ada icon tanda tanya (?) atau tanda seru (!) berwarna kuning pada bagian driver sound. Berarti permasalahan ada pada driver yang belum terinstall/ tidak kompatibel/ corrupt.

Untuk memperbaikinya anda harus menginstall sound driver yang kompatibel. Anda bisa menggunakan CD bawaan komputer jika ada, atau mendownloadnya dari internet. Seandainya komputer anda terhubung dengan internet, itu akan lebih mudah, anda bisa membiarkan komputer yang mencari driver yang sesuai dan mendownloadnya secara otomatis. Caranya, klik kanan pada sound, lalu anda bisa memilih unistall driver terlebih dahulu, baru kemudian memilih install driver untuk mendapatkan driver yang kompatibel, atau langsung memilih update driver. Setelah itu lanjutkan intruksi yang diberikan aplikasi.
Jika sebelumnya sound PC anda berjalan dengan baik, dan driver juga tidak bermasalah, namun entah karena virus atau apa hingga menimbulkan masalah, silahkan ikuti langkah berikut :

  • Masih dalam Device Manager, klik kanan pada Sound Driver, pilih Properties.
Cara Mengatasi Sound PC Tidak Bunyi - Computer

  • Pilih Tab Driver, lalu klik tombol Roll Back Driver untuk mengembalikan driver seperti keadaan sebelumnya.
Cara Mengatasi Sound PC Tidak Bunyi - Computer


Biasanya windows akan menampilkan command yang memberitahukan adanya permasalahan pada sound driver, jika command tersebut muncul, anda bisa memanfaatkan troubleshooter untuk membantu mengatasinya. Jika sound driver tidak bermasalah, kemungkinan sound card anda yang bermasalah. Lanjutkan pengecekan pada point 4.

4. Cek Sound Card
Ada sound card yang terpasang on-board, artinya tertanam langsung dalam mainboard; ada pula soun card yang add-on, artinya berupa card yang bisa dilepas pasang. Jika sound card anda add-on, akan lebih mudah memperbaikinya. Lepaskan sound card, bersihkan dari debu, bersihkan pula pinnya dengan menggunakan penghapus pinsil. Jiga itu tidak mengatasi masalah, anda bisa menggantinya dengan sound card baru.
Jika sound card anda on-board, cukup sulit menggantinya, karna akan diperlukan penyolderan. Sebaiknya serahkan kepada ahlinya, jika anda belum berpengalaman. Namun ada juga alternatif lain, anda bisa menggunakan USB sound. USB Sound sama seperti sound add-on bedanya, anda menghubungkannya ke USB bukan ke slot card Sound didalam CPU.Setelah anda memasang USB Sound, anda perlu menginstall driver yang compatible. Biasanya CD driver diikut sertakan ketika anda membeli USB sound tersebut.

Demikian tutorial sederhana mengenai bagaimana cara mengatasi sound pc yang tidak berbunyi atau mengeluarkan suara. Semoga langkah-langkah diatas bisa membantu anda untuk menyelesaikan masalah pada audio PC. " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

2 komentar:

Abdur Rahman said...

ternyata banyak banget yang harus dicek ya, kalau ayah saya paling langsung dibawa ke tukang servis

Harmansyah said...

@Abdur Rahman, ayah sobat bener kalau orang awam seperti kita mending bawa ke tukang service daripada tambah parah, akan tetapi ada baiknya kalau kita mencoba melakukan langkah-langkah diatas sebelum membawanya ke tukang service

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......