Perbedaan Windows 32 Bit dengan 64 Bit

|
Perbedaan Windows 32 Bit dengan 64 Bit - Dalam dunia tekhnologi komputer yang kini semakin berkembang, Windows merupakan sistem operasi komputer yang paling banyak digemari. Bahkan dipasaran, komputer dan laptop sekarang ini sebagian besar menggunakan OS Windows ketimbang OS yang lain. Selain mudah digunakan, sistem operasi Windows ini juga mudah dipahami. Hal itulah yang membuat banyak orang lebih memilih menggunakan sistem operasi ini.

Sebagai pengguna komputer aktif, pengguna pasti sering melihat sistem operasi Windows berbasis 32-bit dan 64-bit. Terutama ketika akan meng-install program aplikasi baru kedalam komputer / laptop. Karena biasanya software atau program aplikasi selalu menyertakan spesifikasi komputer yang cocok tempat meng-install program tersebut. Pasti terlintas pertanyaan dalam pikiran anda, apa maksud dari angka-angka 32-bit dan 64-bit tersebut ?
32-bit dan 64-bit adalah satuan angka yang mengacu pada kemampuan Prossesor PC atau CPU untuk menangani berbagai bit informasi yang ada di dalam komputer. Semakin tinggi angka Bit yang tertera pada spesifikasi komputer, semakin besar pula kemampuan prossesor tersebut menangani sebuah sistem operasi.
Sistem operasi 32-bit dan 64-bit memiliki hubungan erat dengan prosesor yang sedang dipakai oleh komputer. Saat memilih sistem operasi yang hendak digunakan, sebaiknya sesuaikan versinya dengan prosesor yang sudah tertanam pada PC anda. Misalnya, prossesor anda menggunakan sistem 64 bit, maka disarankan untuk menggunakan operating sistem 64 bit pula, walaupun sebenarnya juga bisa di aplikasikan pada operating sistem 32 bit. Tetapi jika prossesor anda menggunakan sistem 32 bit, anda tidak bisa memasang sistem operasi 64 bit. Karena prossesor 32 bit hanya kompatibel dengan sistem operasi 32 bit. Supaya anda lebih memahami perbedaan dari kedua bit ini, silahkan simak penjelasan berikut secara spesifikasi.

1. Jumlah RAM yang digunakan

Perbedaan yang cukup mencolok diantara sistem 32 bit dengan 62 bit pada sistem operasi Windows adalah maksimal RAM yang dapat digunakan. Hal ini tentunya banyak diketahui oleh para pengguna komputer. Setiap sistem memiliki batasan yang berbeda-beda. Untuk sistem operasi Windows berbasis 32 bit memiliki batasan RAM yang lebih sedikit bila dibandingkan dengan sistem 64 bit. Windows 32 bit hanya memiliki batas maksimal penggunaan memori RAM kurang dari 4 GB (sekitar 3,2 GB) dan akan bekerja maksimal ketika menggunakan RAM 1 GB atau 2 GB. Sedangkan untuk Windows 64 bit sendiri dapat menggunakan  RAM lebih dari 4 GB. Bila windows 32 dipaksakan untuk dipasangkan RAM 4GB maka hanya 3GB saja yang akan terbaca. Hal ini dikarenakan perbedaan arsitektur prosesor antar Windows 32 bit dengan 64 bit.

2. Peforma sistem windows

Perbedaan juga dapat anda lihat pada peforma prossesornya. Bila dibandingkan, tentu saja teknologi prossesor 64 bit lebih canggih bila dibandingkan teknologi 32 bit. Windows 32 bit dengan prossesor 32 bit juga memiliki kemampuan dibawah 64 bit. Sehingga kombinasi prossesor dan Windows ini hanya mampu melakukan pekerjaan yang ringan ringan saja. Selain itu, prossesor 32 bit tidak dapat digunakan untuk membuka aplikasi yang berat. Sedangkan untuk Windows 64 dengan prossesor 64 bit sangat tepat bila digunakan untuk mengerjakan pekerjaan berat seperti desain, video, editing, dan multimedia lainnya.

3. Kemampuan dalam memproses data

Selanjutnya adalah dalam hal pemrosesan data pada komputer itu sendiri. Angka 32 dan 64 yang tertera sebenarnya mewakili jumlah data yang dapat diproses dalam sekali putaran. Untuk windows 32 bit ketika sedang melakukan satu kali proses, data yang dapat dimuat adalah sebesar 32 bit. Sedangkan untuk windows 64 bit akan memproses data sebesar 64 bit lebih cepat dan maksimal dalam satu kali putaran.

4. Segi Kompatibilitas Software

Perbedaan yang mencolok lainnya yang cukup berpengaruh adalah kompatibilitas software yang dapat digunakan pada sistem operasi windows. Untuk Windows 32 bit, sistem ini tidak dapat menjalankan software 64 bit. Namun sebaliknya, Windows 64 bit dapat dengan leluasa untuk menjalankan software 32 bit maupun 64 bit.

Dari perbedaan-perbedaan yang telah disebutkan diatas maka anda dapat melihat berbagai kekurangan dan kelebihan yang dimiliki sistem windows 32 bit maupun sistem windows 64 bit.

Kelebihan dan kekurangan sistem operasi 32-bit dan 64-bit
Jika dilihat secara sekilas sistem operasi Windows 64-bit lebih banyak memiliki kelebihan daripada sistem operasi Windows 32-bit, namun ternyata kedua sistem ini tetap memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Kelebihan sistem operasi Windows 32 bit
  • Kompatibel dengan banyak software lama dan cocok untuk pengguna PC atau laptop lawas
  • Kompatibel untuk driver komputer lama
  • Mampu bekerja optimal meskipun memiliki RAM hanya 2 GB
Kekurangan sistem operasi Windows 32 bit
  • Tidak mampu menggunakan RAM lebih dari 4 GB
  • Tidak mampu menjalankan software berat
  • Hanya sedikit software terbaru yang kompatibel dengan sistem operasi ini
  • Tidak mampu menjalankan pekerjaan – pekerjaan berat seperti mengedit video dan membuat animasi 3 dimensi
Kelebihan sistem operasi Windows 64 bit
  • Mampu membuat kinerja prosesor lebih cepat dan optimal
  • Dapat menjalankan semua software yang kompatibel dengan sistem operasi 32 bit
  • Cocok dengan semua software terbaru
  • Lebih cepat den efisien
  • Mampu mengerjakan pekerjaan berat seperti mengedit video, bermain game berat, sampai membuat animasi 3 dimensi
Kekurangan sistem operasi Windows 64 bit
  • Tidak kompatibel dengan berbagai software lawas yang umumnya masih banyak digunakan
  • Tidak cocok untuk komputer lawas karena kebanyakan software dan drivernya tidak kompatibel
Cara mengetahui apakah komputer menggunakan windows 32 bit atau 64 bit
Ada beberapa cara mengecek versi sistem operasi pada komputer. Beberapa diantaranya adalah dengan memeriksa langsung di properties windows. Berikut cara mengecek versi sistem operasi pada komputer.

Melihat informasi pada system properties
1. Langkah berikut ini merupakan cara yang digunakan pada Windows 7 atau Vista.
  • Pertama cari icon Computer pada Windows eksplorer, Start Menu, atau Dekstop, setelah itu klik kanan lalu pilih Properties.
  • Kemudian akan tampil jendela View basic information about your computer.
  • Pada bilah sebelah kanan akan terlihat beberapa informasi seperti Windows edition, System, Computer name, dan Windows activation. Pada bagian System, disitu terlihat versi Windows yang digunakan pada komputer, apakah menggunakan 32 bit atau 64 bit.
Perbedaan Windows 32 Bit dengan 64 Bit


2. Langkah berikut ini merupakan cara yang digunakan pada Windows XP.
  • Klik Start Menu.
  • Lalu klik kanan pada my computer dan klik Properties.
  • Bila anda tidak melihat kata "x64 edition" terdaftar maka sistem windows yang anda gunakan adalah sistem windows 32 bit windows XP.
  • Jika anda menemukan "x64 edition" di bawah sistem maka anda saat ini sedang menggunakan sistem windows 64 bit pada komputer anda.
Demikian artikel singkat mengenai perbedaan windows 32 bit dan 64 bit. Sangat penting mengetahui versi sistem operasi yang anda gunakan karena hal tersebut sangat berpengaruh pada kinerja prosesor dan konsumsi RAM. Apa pun pilihan Anda pastikan sistem tersebut kompatibel dan mampu mengoptimalkan kinerja komputer anda. Apa pun pilihan anda pastikan sistem tersebut kompatibel dan mampu mengoptimalkan kinerja komputer anda. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

0 komentar:

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......