Cara Mengubah Format Video dengan Notepad++

|
Cara Mengubah Format Video dengan Notepad++ - Ketika hendak menonton sebuah video terkadang video tersebut tidak bisa diputar atau dimainkan karena media player yang digunakan baik itu di smartphone atau di PC tidak mendukung format video yang akan diputar. Oleh karenanya anda harus bersusah payah melakukan browsing untuk mencari, mendownload, dan meng-install media player yang mendukung format video, agar bisa diputar atau dimainkan di Smartphone maupun di PC.

Apabila anda malas browsing, mendownload media player yang cocok dengan video yang ingin diputar, dan melakukan installasi yang cukup banyak memakan ruang pada harddisk PC atau smartphone, mau tidak mau anda harus meng-convert format video tersebut ke format yang didukung oleh media player pada PC atau smartphone yang dimiliki. Namun untuk men-convert sebuah video baik dengan menggunakan aplikasi convert atau dengan mengunjungi situs penyedia layanan convert secara online, akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Misalkan anda akan meng-convert sebuah video secara online. Sebelum melakukan convert video tersebut harus diupload terlebih dahulu untuk selanjutnya masuk ke dalam proses convert. Nah proses upload dan convert inilah yang membutuhkan waktu yang cukup lama. Coba bayangkan jika video yang akan diconvert memiliki ukuran yang cukup besar. Hal ini juga sama dengan convert menggunakan aplikasi convert, karena memiliki proses convert.

Untuk itu pada artikel kali ini, saya akan memberikan sebuah tutorial sederhana bagaimana cara mengubah format sebuah video ke format yang lain menggunakan aplikasi bawaan Windows yakni Notepad++. Cara ini saya peroleh dari hasil nongkrong dengan seorang teman yang berprofesi sebagai seorang programmer. Teman ini bilang, " Ga usah capek-capek nunggu hasil convert, kamu bisa mengubah langsung format video menggunakan Notepad++ ketika akan menyimpan file video pada Notepad++ seperti membuat file js sendiri ". Keesokan harinya, saya pun mencoba untuk memperaktikkan di rumah dan saya pun berhasil mengubah format video ke format yang lain menggunakan Notepad++ dengan waktu cukup kira-kira 5-10 detik.

Jadi mengunakan aplikasi tersebut kita sudah bisa merubah format video tanpa software tambahan. Adapun kelebihan dan kekurangannya, kelebihan menggunakan metode ini yakni jauh lebih cepat, kita tidak perlu menunggu lama untuk proses convert. Sementara untuk kekurangannya yakni tidak bisa dilakukan pada video dengan ukuran video di atas 500mb (saya pernah mencoba video dengan ukuran file sebesar 350mb) dan ukuran serta kualitas tidak dapat diubah jadi menyesuaikan dengan video aslinya. Nah, langsung saja anda ikuti beberapa langkah sederhana berikut ini :

Pertama-tama, pastikan PC / Laptop anda sudah terdapat Notepad++. Jika belum, silahkan kunjungi situs resminya di bawah ini untuk mendapatkannya.

https://notepad-plus-plus.org//
Saya anggap di dalam PC / Laptop anda sudah terdapat Notepad++. Klik kanan pada video yang ingin dirubah formatnya ke format yang lain. Kemudian pilih Edit with Notepad++ (Apabila Edit with Notepad++ tidak tampil, silahkan pilih Open with >> Choose default program... >> klik tombol Browse... >> Ketikkan Notepad++ pada kotak File name, lalu Enter sehingga muncul program Notepad++ >> kemudian klik Notepad++ >> lalu klik Open ).

Cara Mengubah Format Video dengan Notepad++ - Application

Setelah terbuka, silahkan simpan dengan klik File >> lalu pilih Save as... Ganti nama file dengan nama yang anda inginkan dan jangan lupa beri .format di belakang nama file. Misalkan saya ingin mengubah fromat video ke format 3gp, maka penulisannya akan seperti namavideo.3gp >> yang terakhir silahkan klik tombol Save.

Cara Mengubah Format Video dengan Notepad++ - Application


Sekarang anda sudah berhasil mengubah sebuah format video ke format yang anda inginkan, sebagai contoh ke format .3gp seperti gambar berikut.

Cara Mengubah Format Video dengan Notepad++ - Application


Dengan mengubah format video ke format yang anda inginkan dengan waktu yang cukup singkat yakni membutuhkan waktu hanya 5-10 detik, maka anda tidak perlu melakukan convert yang membutuh waktu yang cukup lama (tergantung besar atau kecilnya ukuran file video).

Demikian tutorial sederhana mengenai bagaimana mengubah format video ke format yang lain menggunakan Notepad++. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

0 komentar:

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......