Cara Membuat Shortcut Shutdown Restart Windows 7 8 10

|
Cara Membuat Shortcut Shutdown Restart Sleep Lock Hibernate di Windows 7 8 10 - Komputer adalah sebuah perangkat berteknologi canggih yang digunakan untuk mempermudah manusia dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan. Saat ini mulai dari aktifitas sekolah sampai dengan aktifitas kantor memang lebih banyak menggunakan komputer untuk membantu mereka dalam beraktifitas.

Untuk anda para pengguna komputer PC/Laptop, tentunya sudah paham mengenai perintah Shutdown, Restart, Sleep, Lock, dan Hibernate yang ada pada Windows komputer. Semua proses perintah tersebut memerlukan beberapa langkah yang cukup membutuhkan waktu agar proses bisa berjalan. Lain lagi dengan versi Windows di atas 7 seperti Windows 8, dan 10, letak tombol perintahnya tersembunyi, atau lebih tepatnya show hide. Oleh karena itu ada beberapa pengguna newbie atau baru mengenal komputer masih merasa kesulitan untuk menemukan tombol tersebut untuk menjalankan perintah baik itu Shutdown, Restart, Sleep, dan lain-lain.

Baca juga :
Nah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menghilangkan langkah yang cukup membutuhkan waktu dan kurang praktis tersebut. Bagaimana caranya? Caranya yakni dengan membuat semua perintah tersebut menjadi sebuah Shortcut yang diletakkan di dekstop layar komputer.

Shortcut merupakan jalan pintas/cara cepat untuk menjalakan suatu diprogram komputer pada suatu sistem yang terinstal di komputer. Jadi dengan anda membuatnya menjadi sebuah Shortcut anda tidak lagi harus mencari tombol yang tersembunyi untuk menjalankan suatu perintah pada komputer.

Sebetulnya tanpa membuat Shortcut anda juga bisa mematikan komputer dengan mudah dan cepat, yakni dengan menekan Ctrl+F4 pada keyboard, lalu memilih perintah yang ingin dijalankan. Namun, untuk anda yang ingin membuat shortcut dalam bentuk icon keren agar bisa dengan mudah menjalankan perintah, berikut langkah-langkah untuk membuat semua perintah tersebut menjadi sebuah Shortcut.

Cara Membuat Shortcut Shutdown, Restart, Sleep, Lock, dan Hibernate di Windows 7, 8, dan 10 Komputer

Ada beberapa langkah yang akan dilakukan untuk menjadikan perintah menjadi sebuah Shortcut
1. Pertama-tama lakukan klik kanan pada dekstop komputer anda, kemudian pilih New lalu pilih dan klik Shortcut.

HARMANSYAH BLOG

2. Akan tampil sebuah jendela baru seperti gambar berikut. Pada kotak kolom panjang persis samping kiri tombol Browse... masukkan salah satu kode di bawah ini, sesuai dengan fungsi perintah yang diinginkan. (sebagai contoh saya ingin membuat perintah Shutdown menjadi sebuah Shortcut).

HARMANSYAH BLOG


Untuk perintah Shutdown
Shutdown.exe -s -t 00
Untuk perintah Restart
Shutdown.exe -r -t 00
Untuk perintah beralih ke mode Sleep
rundll32.exe powrprof.dll,SetSuspendState 0,1,0
Untuk perintah mengunci/Lock
Rundll32.exe User32.dll,LockWorkStation
Untuk perintah Hibernate
rundll32.exe PowrProf.dll,SetSuspendState

Keterangan untuk perintah Shutdown dan Restart :

  • -s merupakan perintah untuk shutdown,
  • -r merupakan perintah untuk restart
  • -t 00 merupakan timer yang diatur menjadi 00 atau tanpa ada jeda waktu tertentu.


3. Setelah kodenya terisi dengan benar dan sesuai dengan fungsi perintah yang diinginkan, silahkan klik tombol Next.
4. Terakhir anda bisa mengganti nama Shorcut atau dibiarkan saja, lalu klik tombol Finish.

HARMANSYAH BLOG


Jika menurut anda Shortcut yang anda buat tampilannya kurang baik atau bagus, silahkan ganti iconnya dengan langkah-langkah berikut ini.
1. Klik kanan pada Shortcut yang ingin diganti iconnya, lalu pilih dan klik Properties.

HARMANSYAH BLOG

2. Klik tombol Change icon...

HARMANSYAH BLOG

3. Pilih icon yang tersedia dengan klik icon, lalu klik tombol OK.

HARMANSYAH BLOG

4. Apabila dirasa sudah cocok dengan icon yang dipilih, maka klik tombol Apply kemudian klik tombol OK.

HARMANSYAH BLOG

5. Selesai.

Demikian tutorial sederhana mengenai bagaimana cara membuat Shortcut Shutdown, Restart, Sleep, Lock, dan Hibernate di Windows 7 komputer PC/latop dengan mudah. Dengan menjadikan fungsi-fungsi perintah pada Windows menjadi sebuah Shortcut, maka anda bisa dengan lebih cepat menjalankan fungsi perintah pada Windows. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

5 komentar:

Tanza Erlambang - Speed Up said...

oh...ada shortcutnya juga...
thanks

Harmansyah said...

@Tanza Erlambang, Iya mas Tanza

AQUATIC Fishing ART said...

tutorial yang bagus
www.essenaquatic.com

Bang Day said...

Siap mas.. dicoba dulu. Trims tipsnya. Semangat berbagi

Harmansyah said...

@Bang Day, siiip bang day, silahkan

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......