Cara Mudah Mengambil Screenshot di Windows 7 Komputer

|
Cara Mudah Mengambil Screenshot di Windows 7 Komputer PC/Laptop - Screenshot atau Screen Capture (SS) adalah suatu gambar tampilan layar yang diambil dari perangkat komputer atau laptop, bisa berupa tampilan dekstop, jendela explorer, gambar, atau tampilan lain yang diinginkan. Fungsi utama dari Screenshot adalah menunjukkan informasi kepada orang lain tentang apa yang kita lihat pada layar komputer. Karena terkadang kita tidak mampu untuk menjelaskan suatu keadaan dengan sangat akurat dan detail, sehingga screenshot adalah solusi yang terbaik. Selain itu hasil dari sebuah Screenshot juga sering ditambahkan pada sebuah artikel blog dengan tujuan untuk menjelaskan maksud dari sebuah tulisan yang ada, terutama pada artikel yang memiliki niche tutorial.

Sebagian besar pengguna komputer dengan sistem operasi Windows sudah mengerti bagaimana cara mengambil Screenshot. Tetapi tidak menutup kemungkinan, apabila masih ada pengguna komputer yang masih newbie alias baru pertama kali menggunakan komputer, belum bisa mengambil Screenshot ketika mengoperasikan sebuah komputer. Maka dari itu, pada artikel kali ini saya ingin sedikit menjabarkan cara mudah mengambil Screenshot pada komputer dengan sistem operasi Windows, yang bisa anda praktikan langsung di komputer milik anda. Gambar pada tutorial ini merupakan contoh Screenshot yang saya maksud.

Baca juga :


Cara Mudah Mengambil Screenshot atau Screen Capture di Windows 7, 8, 10 Komputer atau Laptop

1. Menggunakan tombol "PrtScr"
Cara mengambil Screenshot menggunakan tombol "PrtScr" pada keyboard ini adalah cara yang paling umum dan banyak digunakan oleh pengguna windows. Cara ini cukup sederhana karena dengan hanya menekan tombol Print Screen (PrtScr) pada keyboard, anda sudah berhasil meng-copy seluruh tampilan dekstop layar komputer dan akan tersimpan pada Clipboard secara otomatis.

Selanjutnya, agar gambar yang diambil tadi dapat tersimpan sebagai file, anda harus membuka aplikasi Paint yakni aplikasi bawaan Windows kemudian menekan Ctrl+V pada keyboard, maka anda akan melihat gambar Screenshot hasil dari hanya menekan tombol "PrtScr". Anda bisa mengedit terlebih dahulu gambar tersebut atau langsung menyimpannya ke harddrive komputer dengan format yang anda inginkan. Berikut hasil dari hanya menekan "PrtScr".

HARMANSYAH BLOG


2. Menggunakan kombinasi tombol "Alt+PrtScr"
Cara mengambil Screenshot dengan menekan kombinasi tombol "Alt+PrtScr" sebetulnya tidak jauh berbeda dengan cara yang pertama, perbedaannya terletak pada tampilan yang diambil saat melakukan Screenshot. Menggunakan kombinasi tombol "Alt+PrtScr tidak akan mengambil Screenshot layar secara keseluruhan seperti pada cara pertama, namun hanya mengambil jendela ( baik itu aplikasi maupun explorer ) yang sedang aktif. Contoh gambar di atas merupakan hasil Screenshot yang diambil secara keseluruhan dan contoh gambar di bawah ini merupakan hasil Screenshot jendela yang aktif saja, dalam hal ini jendela explorer.

HARMANSYAH BLOG


Dan untuk mengubahnya menjadi sebuah file, anda bisa melakukan langkah seperti langkah selanjutnya pada cara pertama.

3. Menggunakan Snipping Tool
Snipping Tool merupakan sebuah apilkasi bawaan Windows yang digunakan untuk mengambil Screenshot layar pada komputer PC/Laptop. Snipping tool memudahkan pengguna mengambil Screenshot layar komputer secara keseluruhan atau hanya bagian tertentu pada layar. Screenshot layar yang diambil akan tampil di jendela Mark-up. Pada jendela tersebut pengguna dapat menyimpan hasil Screenshot, menyalin (copy), menempelnya (paste), mengirimnya melalui email dengan membubuhkan sebuah catatan kecil di dalamnya. Bagaimana cara menggunakannya, berikut langkah-langkahnya.

Bukalah snipping tool melalui menu Start, dengan menekan tombol logo Windows, kemudian masukkan kata kunci "Snipping Tool" pada kotak pencarian yang tersedia, lalu tekan Enter. Selain itu anda juga bisa membuka aplikasi ini melalui folder menu Accessories pada menu All Programs.

HARMANSYAH BLOG


Setelah program Snipping tool terbuka, klik tanda panah yang terletak di samping kanan New. Kemudian pilih jenis Snip dari menu dropdown yang tampil. Berikut penjelasan masing-masing jenis Snip yang tampil pada menu dropdown.

HARMANSYAH BLOG


  • Free-form Snip : Gunakan kursor atau pena untuk menggambar bentuk khusus di sekitar item.
  • Rectangular Snip : Buatlah snip kotak dengan mengeklik dan menarik kursor/pena di sekitar pojok objek.
  • Window Snip : Klik jendela yang ingin Anda tangkap.
  • Full-screen Snip : Tangkap keseluruhan layar.

Silahkan anda coba satu persatu. Untuk jenis Snip yang pertama dan kedua mirip dengan melakukan crop gambar. Apabila anda sudah melakukan Screenshot dengan jenis Snip pilihan anda, maka gambar yang diambil akan di mark-up atau masuk ke Snipping tool secara otomatis. Setelah itu anda bisa membuhukan sebuah catatan di dalamnya lalu mengirimnya melalui email dengan kjlik icon amplop atau anda bisa langsung menyimpannya ke harddrive komputer dengan format pilihan yang diinginkan dengan klik File lalu pilih Save as... atau dengan menekan Ctrl+S pada keyboard. Disitu terdapat 4 type format penyimpanan file, yakni antara lain : Portable Network Graphic file (PNG), GIF file, JPEG file, dan Single file HTML (MHT).

Berikut ini contoh penggunaan Snipping Tool dengan jenis Window Snip, lalu saya memilih hanya jendela explorer untuk diambil gambar layarnya dan saya langsung menyimpannya ke harddrive komputer dengan type PNG.

Setelah aplikasi terbuka dan memilih jenis Window Snip, klik jendela yang ingin diambil gambarnya, dalam hal saya ingin mengambil gambar jendela explorer.

HARMANSYAH BLOG

Secara otomatis jendela explorer akan langsung termark-up ke dalam aplikasi Snipping Tools setelah diklik.

HARMANSYAH BLOG

Klik File yang terletak pada pojok kiri atas aplikasi, lalu pilih Save as... atau anda bisa langsung tekan Ctrl+S pada keyboard untuk menyimpan hasil Screenshot. Kemudian tekan tombol Save.

HARMANSYAH BLOG


Catatan : Jika anda ingin mengubah jenis Snip ketika gambar sudah di mark-up, klik New lalu klik Cancel. Dan apabila anda ingin mengambil gambar lain dengan jenis Snip yang sama, anda klik New tanpa klik Cancel dan anda bisa langsung mengambil gambar yang lain. Usahakan gambar layar jendela yang akan diambil Screenshotnya posisikan paling depan pada layar komputer.

Itulah cara mudah mengambil Screenshot di Windows 7 komputer PC/Laptop. Silahkan pilih cara di atas yang menurut anda paling mudah dan menyenangkan, apakah menggunakan tombol pada keyboard atau menggunakan aplikasi bawaan Windows yakni Snipping Tool.

Demikian tutorial sederhana mengenai bagaimana cara mudah mengambil screenshot di Windows 7 komputer. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

2 komentar:

Tanza Erlambang - Speed Up said...

setelah dicek tombol Prt Sc ternyata dibawah Insert.
thank you

Harmansyah said...

@Tanza Erlambang, iya sob dekat-dekat dengan tombol tersebut

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......