Macam-Macam Perangkat Keras Komputer dan Penjelasannya

|
Macam-Macam Perangkat Keras Komputer dan Penjelasannya - Computer

Macam-Macam Perangkat Keras Komputer dan Penjelasannya | Computer - Pengertian perangkat keras komputer atau Hardware adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.

Baca juga :


Secara umum, hardware terbagi menjadi lima bagian, yaitu perangkat masukkan (Input), perangkat pengolah data (Processing), perangkat keluaran (Output),  perangkat penyimpanan, dan perangkat kelistrikkan. Perangkat keras masukkan memiliki fungsi menginput data-data ke dalam komputer dan data-data tersebut akan di olah pada bagian perangkat keras pengolahan data yang kemudian setelah melalui pengolahan akan dikeluarkan melalui perangkat keras output. Selain perangkat input-processing-output, terdapat pula perangkat keras penyimpanan dan perangkat keras kelistrikkan yang berperan sebagai pendukung kinerja sebuah komputer.
Untuk lebih lengkapnya mengenai perangkat keras komputer, berikut saya akan mencoba menjabarkan macam-macamnya beserta penjelasannya.

Macam-Macam Perangkat Keras Komputer

Perangkat Keras Input
Fungsi perangkat komputer yang satu ini adalah memasukan data-data yang akan di proses dalam sebuah komputer. Beberapa perangkat komputer yang tergolong dalam perangkat input diataranya adalah sebagai berikut.
1. Keyboard

Keyboard - Macam-Macam Perangkat Keras Komputer dan Penjelasannya

Keyboard (papan ketik) adalah perangkat keras yang penuh dengan tombol-tombol yang mewakili hurup, angka, karakter, dan beberapa fungsi tertentu. Kombinasi beberapa tombol keyboard juga berguna untuk memberi suatu perintah shortcut pada komputer. Contohnya shortcut Ctrl+C yang berfungsi untuk memberi perintah copy (salin) pada komputer. Terdapat berbagai jenis keyboard, antara lain : keyboard QWERTY, keyboard DVORAK, keyboard KLOCKENBERG, keyboard Maltron, keyboard alphabetik, dan keyboard Numeric.
2. Mouse

Mouse - Macam-Macam Perangkat Keras Komputer dan Penjelasannya

Mouse adalah perangkat keras yang mudah digenggam, umumnya berisi dua tombol dan sebuah bola atau laser dibawahnya untuk menggerakan kursor (pointer). Fungsi mouse adalah untuk menggerakan kursor, melakukan scroll (tidak semua mouse), klik kiri, dan klik kanan. Gerakan kursor dalam keadaan default selalu mengikuti arah perpindahan mouse. Perangkat keras komputer yang satu ini memiliki bentuk seperti tikus, itu sebabnya perangkat komputer ini dinamakan mouse. Terdapat banyak jenis-jenis mouse, diantaranya adalah : mouse serial, mouse PS2, mouse USB dan mouse wireless.
3. Microphone

Microphone - Macam-Macam Perangkat Keras Komputer dan Penjelasannya

Microphone adalah perangkat keras yang dapat mengubah suara analog menjadi suara digital. Fungsi microphone adalah untuk merekam suara. Alat ini biasa digunakan saat konferensi atau saat melakukan video call. Perangkat komputer yang satu ini kebanyakan digunakan untuk keperluan Multimedia.
4. Scanner

Scanner - Macam-Macam Perangkat Keras Komputer dan Penjelasannya

Scanner merupakan perangkat keras yang mempunyai cara kerja yang hampir sama seperti fotokopi. Sedikit berbeda dengan cara kerja fotokopi, scanner berfungsi merubah hard file (hard copy) menjadi digital file (soft copy) yang dapat diolah di komputer. Scanner bentuknya juga bermacam-macam dengan kegunaan yang bervariasi.
5. Optical Drive

Optical Drive - Macam-Macam Perangkat Keras Komputer dan Penjelasannya

Optical drive merupakan salah satu perangkat keras yang berfungsi membaca (read) maupun menulis (write) data dari kepingan CD/ DVD. Terdapat beberapa jenis optical drive yang harus anda ketahui, seperti : CD ROM drive, CD RW drive, DVD ROM drive dan lain-lain.
6. Joystick

Joystick - Macam-Macam Perangkat Keras Komputer dan Penjelasannya

Joystick merupakan perangkat keras komputer tipe input yang memiliki bentuk fisik seperti tuas gigi mobil yang dapat digerakan ke segala arah. Dengan menggunakan joystick, pengguna komputer mampu mentransmisikan arah baik secara dua dimensi maupun tiga dimensi. Joystick umumnya digunakan sebagai perangkat pelengkap untuk bermain video game atau permainan pada komputer.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin membeli joystick. Pertama, pastikan joystick yang akan dibeli fiturnya didukung oleh motherboard komputer. Periksa juga port yang digunakan oleh joystick, umumnya joystick menggunakan port USB dan port paralel. Pastikan pula joystick dalam keadaan baik, lengkap, tidak cacat, juga memiliki garansi.
7. Webcam

Webcam - Macam-Macam Perangkat Keras Komputer dan Penjelasannya

Webcam merupakan perangkat keras berupa kamera kecil yang dihubungkan ke komputer dan biasa ditempatkan di atas monitor/LCD. Fungsi webcam adalah untuk melakukan video call (panggilan video) dan bahkan juga dapat digunakan untuk ber-selfie atau mengambil gambar di depan komputer. Hampir setiap laptop keluaran saat ini telah memiliki web cam.
8. Flashdisk

Flashdisk - Macam-Macam Perangkat Keras Komputer dan Penjelasannya

Perangkat penyimpanan diatas merupakan perangkat masukan tidak langsung. Fungsinya sebagai perangkat masukan adalah untuk memasukan data ke komputer. Data ini tidak dapat langsung digunakan tanpa software tertentu.

Perangkat Keras Processing/Proses
Perangkat keras proses adalah jenis hardware yang berfungsi untuk melakukan olah data atau eksekusi perintah terhadap data yang dimasukkan. Berikut beberapa perangkat keras yang tergolong ke dalam perangkat keras proses.
1. Motherboard

Motherboard - Macam-Macam Perangkat Keras Komputer dan Penjelasannya

Motherboard (papan induk/mainboard) adalah perangkat keras yang berupa papan sirkuit yang menghubungkan setiap perangkat keras pada sistem komputer dan dilengkapai dengan chip BIOS. Chip BIOS kependekan dari Basic Input Output System.
2. Prosesor

Processor - Macam-Macam Perangkat Keras Komputer dan Penjelasannya

Prosesor atau Processor adalah perangkat keras proses utama yang merupakan komponen sirkuit elektronik yang dapat melakukan eksekusi komputasi logika, aritmatika, sistem kontrol, dan input/output (I/O) spesifik berdasarkan intruksi yang diperintahkan pengguna. Hampir seluruh proses di dalam suatu sistem komputer dilakukan oleh prosesor. Prosesor juga disebut dengan CPU (Central Processing Unit).
3. Video Graphic Adapter

VGA - Macam-Macam Perangkat Keras Komputer dan Penjelasannya

Video Graphic Adapter atau biasa disebut VGA adalah perangkat keras yang digunakan untuk melakukan proses visualisasi data dalam bentuk grafis. Perkembangan VGA yang sangat pesat, mendukung perkembangan industri game dan CAD.
4. Sound Card

Sound Card - Macam-Macam Perangkat Keras Komputer dan Penjelasannya

Sound card atau kartu suara adalah perangkat keras yang digunakan untuk melakukan proses data berupa suara, baik mengeluarkan maupun merekam suara. Ada 3 macam sound card jika dilihat dari cara pemasangannya, yaitu :

  • Sound Card Onboard : dipasang menempel langsung dengan motherboard komputer.
  • Sound Card Offboard : dipasang melalui slot ISA/PCI yang ada pada motherboard.
  • Sound Card External : dipasang dengan penyambungan melalui port external (USB/FireWire).
Apabila terjadi masalah pada sound card seperti tidak mengeluarkan bunyi, baca artikel berjudul Cara Mengatasi Sound PC Tidak Bunyi sebagai panduannya.
5. NIC atau LAN Card

LAN Card - Macam-Macam Perangkat Keras Komputer dan Penjelasannya

NIC atau Network Interface Card adalah sebuah kartu yang berfungsi menghubungkan komputer ke dalam jaringan, baik jaringan lokal atau jaringan internet. Saat ini terdapat dua jenis NIC yang diketahui, diantaranya NIC bersifat fisik (contoh : NIC Ethernet, Token Ring, dll ) dan NIC bersifat logis (contoh : Loopback Adapter dan Dial-up Adapter).
6. PC Cooler atau Heatsink

Heatsink - Macam-Macam Perangkat Keras Komputer dan Penjelasannya


PC cooler/ heatsink merupakan perangkat komputer yang berfungsi mengurangi panas yang dihasilkan oleh komputer. Agar proses mendinginkan panas yang dihasilkan komputer bisa berlangsung secara optimal, heatsink harus dipasang di atas processor, kemudian juga diberikan gel atau pasta agar heatsink ini bisa menempel dengan baik.
Biasanya, heatsink juga dilengkapi dengan kipas yang mempercepat proses pendinginan. Pada perangkat komputer, heatsink yang digunakan biasanya berbahan aluminium yang memiliki konduktivitas panas tinggi sehingga cepat mendinginkan perangkat. Mengingat panas pada komputer dapat merusak hardware lain di dalamnya, maka peranan heatsink ini sangatlah penting.


Perangkat Keras Output
Perangkat keras output adalah jenis hardware yang berfungsi untuk menampilkan atau menghasilkan keluaran dari data yang diproses. Perangkat keras output utama dari sebuah sistem komputer adalah monitor dan speaker.
1. Monitor

Monitor - Macam-Macam Perangkat Keras Komputer dan Penjelasannya

Monitor merupakan salah satu perangkat keras yang tergolong sebagai alat output yang berfungsi menampilkan hasil pengolahan data berupa grafis. Tiap merek monitor mempunyai ukuran dan resolusi yang berbeda-beda. Jenis-jenis monitor yang paling umum saat ini adalah monitor CRT (Cathode Ray Tube) dan monitor LCD (Liquid Crystal Display).
2. Speaker

Speaker - Macam-Macam Perangkat Keras Komputer dan Penjelasannya

Speaker merupakan perangkat output yang digunakan untuk mengeluarkan hasil pemrosesan kartu suara berupa suara, yang terbuat dari logam, membran, kumparan serta magnet.
3. Printer

Printer - Macam-Macam Perangkat Keras Komputer dan Penjelasannya

Printer merupakan perangkat output yang berfungsi mencetak hasil pengolahan data berupa teks/ gambar di atas kertas (hard copy). Pada awalnya printer memang hanya digunakan untuk mencetak dokumen, namun semakin lama, printer semakin dikembangkan untuk fungsi-fungsi lainnya. Misalnya saja, ada printer yang juga dapat sekaligus berfungsi untuk memindai dokumen (scanning), untuk mengirimkan dokumen seperti layaknya mesin fax, hingga untuk fotokopi suatu dokumen.
4. Projecktor

Projecktor - Macam-Macam Perangkat Keras Komputer dan Penjelasannya

Projecktor atau proyektor merupakan perangkat output yang digunakan untuk menampilkan gambar di layar proyeksi dengan menggunakan elemen optik.

Perangkat Keras Penyimpanan
Perangkat keras penyimpanan adalah jenis hardware yang berfungsi untuk menyimpan data pengguna. Terdapat 2 Perangkat keras penyimpanan utama dari sebuah sistem komputer adalah penyimpanan non-volatile internal (HDD/SSD) dan penyimpanan volatile (RAM).
1. Random Access Memory

RAM - Macam-Macam Perangkat Keras Komputer dan Penjelasannya

Random Access Memory atau biasa disebut RAM merupakan perangkat keras yang berfungsi menyimpan data maupun intruksi yang dilakukan oleh prosessor. Berbeda dengan hard disk, penyimpanan pada RAM bersifat sementara. Jadi ketika komputer dimatikan, data maupun intruksi yang disimpan oleh RAM akan hilang/ dikosongkan kecuali komputer tersebut dalam mode hibernate.
2. ROM

ROM - Macam-Macam Perangkat Keras Komputer dan Penjelasannya

ROM (Read Only Memory) adalah media penyimpanan yang bersifat non-volatile (data tidak hilang saat listrik dimatikan) dan bersifat hanya dibaca. ROM bianya digunakan untuk chip BIOS atau Firmware.
3. Hard Disk

Hard Disk - Macam-Macam Perangkat Keras Komputer dan Penjelasannya

Hard Disk merupakan media penyimpanan non-volatile yang digunakan untuk menyimpan data sistem operasi dan data pengguna dalam bentuk piringan digital seperti musik, dokumen, gambar, video, dll secara permanen (tidak akan hilang meskipun komputer dimatikan, kecuali dihapus pengguna). Secara umum, terdapat tiga jenis harddisk di pasaran, yaitu IDE (Integrated Drive Electronics), ATA (Advanced Technology Attachment), dan SATA (Serial Advanced Technology Attachment).

Perangkat Keras Kelistrikkan
Untuk bekerja sistem komputer memerlukan asupan daya dan tegangan yang stabil. Sistem komputer menggunkan power supply untuk memanagemen listrik ke masing-masing perangkat keras lainnya. Selain itu, pengguna biasanya memasangkan stavolt untuk menstabilkan listrik yang masuk kedalam sistem komputer sebelum di managemen oleh power suply. Berikut beberapa perangkat keras yang tergolong dalam perangkat keras kelistrikkan.
1. Power Supply

Power Supply - Macam-Macam Perangkat Keras Komputer dan Penjelasannya

Power suply adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk melakukan konversi tegangan dari AC menjadi DC, sehingga dapat dilakukan managamen ke sistem komputer terkait.
2. Stavolt

Stavolt - Macam-Macam Perangkat Keras Komputer dan Penjelasannya

Stavolt (Stabilizer voltage) adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menstabilkan tegengan listrik. Penggunaan stabilizer dimaksudkan untuk mencegah kerusakan perangkat elektronik akibat lalulintas tegangan yang naik turun secara signifikan.
3. UPS

UPS - Macam-Macam Perangkat Keras Komputer dan Penjelasannya

UPS (Uinterruptible Power Supply) adalah perangkat keras yang menyediakan backup listrik, sebagai alternatif saat listrik mati. Hal ini membantu pengguna untuk mematikan komputer sebagai tindakan untuk mencegah kerusakan data saat listrik mati.

Itulah beberapa macam perangkat keras atau hardware pada komputer yang perlu anda ketahui. Perangkat-perangkat keras diatas merupakan yang paling umum digunakan.
Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

5 komentar:

Himawan Sant said...

Bagus artikelnya, mas.
Lengkap dan detil dijelaskan nama dan fungsi-fungsinya 👍

Kalo lihat model bentuk pelengkap perangkat keras yang unik2 ... rasanya bikin sering ganti modelnya ya.
Kayak keyboard di foto diatas, cakep bener bentuknya.., kesannya futuristik.

Harmansyah said...

@himawan sant, iya itu kayaqnya keyboard khusus buat multimedia mas

Himawan Sant said...

Iya, mas.
Cakep banget modelnya, warnanya juga stylist hitam pekat.
Aku suka banget 👍

RamdaniRM25 said...

Artikel yang sangat bagus sekali dan jangan lupa kunjungi http://infokudankamu1.blogspot.com/

Harmansyah said...

@RamdaniRM25, Terima kasih mas dani ditunggu

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......