Cara Menambah dan Memasang Gadget di Blogger

|
Cara Menambah dan Memasang Gadget di Blogger (Update 2020 Untuk Tampilan Baru Blogger atau Blogspot) - Sebelum kita belajar bagaimana langkah-langkah dalam menambah dan memasang gadget, harus anda ketahui terlebih dahulu, Apa itu gadget di blogger?. Gadget bisa disebut juga dengan widget, karena pengertiannya sama, yaitu sebuah aplikasi yang di pasang pada web atau blog menggunakan beberapa kode, sebagai pendukung kelengkapan fitur sebuah web atau blog.
Kita bisa mendapatkan banyak widget menarik yang disediakan oleh masing-masing situs, orang menyebutnya widget bawaan. Disamping itu ada juga beberapa situs penyedia widget berbayar dan widget gratis. Widget biasanya berupa jam, kalender, gambar, video, tulisan dan lain sebagainya. Widget berfungsi tergantung dari jenis widget tersebut, seperti widget jam fungsinya untuk mengetahui jam berapa saat itu.

Aplikasi widget di blogger bisa di pasang, di buang dan juga dipindah-pindah sesuai dengan keinginan anda. Biasanya terletak di sidebar, footer dan di bawah header blog. Memasang widget sebenarnya tidak wajib, karena tidak harus di pasang di blog. Anda hanya harus memasang beberapa widget penting sesuai dengan dengan kebutuhan blog anda, misanya : profile, entri populer, kategori dan arsip. Di blogger sudah disediakan banyak widget yang anda butuhkan, seperti gambar di bawah.
Semakin sedikit widget yang anda pasang di blog maka blog anda akan semakin bagus, karena memasang terlalu banyak widget di blog akan membuat proses membuka atau biasa disebut loading blog anda menjadi lama/lemot. Tidak usah berlama-lama lagi yuk langsung disimak langkahnya.

Cara Menambah dan Memasang Widget/Gadget di Blog

  • Login ke dashboard blog anda
  • Pada menu blogger, silahkan klik Tata Letak atau Layout
HARMANSYAH BLOG
Menu Blogger


  • Setelahnya akan terlihat Add Gadget atau Tambahkan Gadget di sidebar, di bawah header dan footer, silahkan anda pilih dibagian mana akan ditambahkan sebuah gadget kemudian klik Tambahkan Gadget/Add Gadget.

HARMANSYAH BLOG
Tata Letak

  • Lalu akan muncul jendela baru kecil seperti gambar di bawah. Disini anda bisa memilih banyak widget yang disediakan oleh blogger untuk anda tambahkan ke blog anda.
HARMANSYAH BLOG
Jendela Widget Blogger


  • Apabila anda sudah mempunyai kode widget lain yang anda dapatkan dari pihak ketiga atau situs penyedia kode widget gratis silahkan anda pilih dan klik HTML/JavaScript lalu masukkan kodenya. Untuk Judul bisa diisi atau dikosongkan sesuai keinginan anda, kemudian silahkan klik Save/Simpan.
HARMANSYAH BLOG
Jendela Widget Blogger


HARMANSYAH BLOG
Jendela Gadget HTML/JavaScript

Contoh widget/gadget yang disediakan oleh blogger :
Pengikut : gadget ini berfungsi untuk menampilkan daftar pengguna yang mengikuti blog anda. Dengan gadget ini pengikut blog anda akan segera tahu postingan terbaru dari blog anda, karena postingan anda akan langsung tampil di dashboard blogger pengikut blog anda.

HARMANSYAH BLOG
Widget Pengikut



Contoh widget/gadget dari pihak ketiga atau situs penyedia layanan widget/gadget :
Berikut kode script fans facebook blog saya, yang saya dapatkan dari situs penyedia layanan

<iframe src="https://www.facebook.com/plugins/page.php?href=https%3A%2F%2Fwww.facebook.com%2Fharmansyahblog%2F&tabs=timeline&width=200&height=180&small_header=true&adapt_container_width=true&hide_cover=true&show_facepile=true&appId" width="200" height="180" style="border:none;overflow:hidden" scrolling="no" frameborder="0" allowTransparency="true"></iframe>

Sehingga nanti di blog akan muncul widget/gadget seperti gambar dibawah ini

HARMANSYAH BLOG
Fans Facebook

Dengan menambahkan atau memasang sebuah Widget atau Gadget pada blog, tentunya akan membuat blog atau web anda menjadi lebih porfesional. Karena dengan adanya widget akan mempermudah pengunjung atau pembaca untuk mengetahui postingan populer yang ada di blog anda, bagaimana mengikuti blog yang anda miliki agar menerima setiap update post terbaru, kategori blog dan lain sebagainya.

Bagaimana sobat? Cukup mudah dan jelas bukan?, Sekian dulu sobat tutorial mengenai bagaimana cara menambahkan atau memasang gadget di blogger. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat. "Happy Blogging"

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

2 komentar:

Unknown said...

mantep blognya mas, jgn lupa mampir

https://kolongbisnis.blogspot.co.id

Harmansyah said...

Terima kasih @Amanda Graciella, Okey segera meluncur

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......