Penjelasan Gadget pada Blogger

|
Penjelasan Gadget pada Blogger - Sudah kita ketahui pada postingan Cara Menambah dan Memasang Gadget di Blogger, gadget bisa juga disebut widget, kenapa? karena pengertiannya sama, yakni sebuah aplikasi yang di pasang pada web atau blog menggunakan beberapa kode, sebagai kelengkapan fitur sebuah web atau blog. Dengan widget atau gadget ini akan sangat memudahkan pengunjung blog atau web anda untuk memahami segala detail blog anda.
Ada banyak widget atau gadget yang disediakan oleh blogger untuk anda pasang di blog anda biasa disebut widget/gadget bawaan. Selain itu ada juga situs pihak ketiga penyedia widget atau gadget baik itu yang berbayar maupun yang gratis.
Alangkah senangnya jika anda mendapatkan sebuah widget/gadget yang anda butuhkan untuk anda pasang pada blog, sehingga membuat blog anda menjadi lebih keren dan lebih mudah dipahami pengunjung blog yang anda dapatkan secara gratis. Sebaiknya anda sudah bisa memahami kode-kode widget yang akan anda pasang pada blog anda, untuk menghindari link-link sisipan dari penyedia widget/gadget tersebut. Tetapi jika anda orang yang tahu terima kasih karena telah mendapatkan kode gadget secara gratis dari penyedia, ya.. biarkan saja, jangan anda rubah. hihihi..
Penggunaan widget atau gadget dari penyedia layanan sangat mudah di gunakan. Anda hanya tinggal mendaftar ke penyedia, atau bahkan tanpa mendaftar sekali pun, anda bisa langsung mengcopy-paste kode-kode yang disediakan oleh penyedia layanan.
Pada pembahasan kali ini saya hanya akan memaparkan macam-macam widget/gadget bawaan dari blogger dan penjelasannya. Yuk di simak.

Berikut Macam-macam Gadget/Widget pada Blogger Beserta Penjelasannya
  • Pengikut : gadget ini berfungsi untuk menampilkan daftar pengguna yang mengikuti blog anda. Dengan gadget ini pengikut blog anda akan segera tahu postingan terbaru dari blog anda, karena postingan anda akan langsung tampil di dashboard blogger pengikut blog anda.
Gadget Pengikut
Pengikut

  •  Penelusuran Blog : gadget ini berfungsi untuk menelusuri isi blog, blogroll dan semua yang pernah anda tautkan ke dalam blog anda. Anda juga bisa mengatur gadget penelusuran ini hanya untuk penelusuran isi di blog anda saja. Kualitas penelusuran dari gadget ini bisa dijamin karena di dukung oleh google.
Gadget Penelusuran Blog
Penelusuran Blog

  • HTML/JavaScript : gadget ini berfungsi sebagai tempat memasukan kode script widget/gadget dari pihak ketiga (situs penyedia gadget/widget gratis maupun berbayar). Kode script itu bisa berupa kode iklan, banner, gambar dan lain sebagainya.
Gadget HTML/JavaScript
HTML/JavaScript

  • Teks : gadget ini berfungsi untuk menambahkan kata-kata di blog anda, seperti ucapan selamat datang dan lain sebagainya. Di dalam kata-kata ucapan tersebut anda bisa memasukkan sebuah link tujuan.
Gadget Teks
Teks

  • Gambar : Dengan gadget ini anda bisa menambahkan gambar ke dalam blog anda, baik itu dari komputer anda atau web. Di sini anda juga bisa memasukkan sebuah link tujuan.
Gadget Gambar
Gambar

  • Tampilan Slide : Gadget ini berfungsi untuk memunculkan sebuah tampilan slide di blog, biasanya orang banyak menaruh gadget ini dekat dengan judul blog agar langsung bisa terlihat ketika blog tersebut terbuka. Anda juga bisa mengatur jenis tampilan slidenya, karena blogger sudah menyediakan banyak jenis slide yang akan ditampilkan.
Gadget Tampilan Slide
Tampilan Slide

  • Baris Video : gadget ini berfungsi untuk menambahkan sebuah video baik itu dari youtube atau video google ke dalam blog dan pengunjung bisa menonton tanpa harus meninggalkan laman blog.
Gadget Baris Video
Baris Video

  • Polling : gadget ini berfungsi agar anda bisa melakukan survey terhadap pengunjung blog anda. Dengan adanya survey ini anda akan mengetahui sampai dimanakah daya tarik pembaca terhadap blog anda. Jadi anda bisa melihat kualitas dari isi blog anda.
Gadget Polling
Polling

  • Daftar Blog : gadget ini berfungsi untuk membuat daftar blog favorit anda dengan hanya cukup menulis url blog favorit anda lalu klik tambah, sehingga anda bisa dengan mudah mengunjungi blog favorit anda tanpa harus menghafal url/link blog favorit anda.
Gadget Daftar Blog
Daftar Blog

  • Daftar Link : gadget ini fungsinya hampir sama dengan gadget diatas, tapi dalam gadget ini yang muncul hanya linknya saja. Gadget ini bisa anda fungsikan untuk tukar-tukar link dengan blogger lainnya.
Gadget Daftar Link
Daftar Link

  • Daftar : gadget ini berfungsi untuk menampilkan daftar buku kesukaan anda, lagu kesukaan anda, video kesukaan anda dan lain sebagainya yang mungkin anda rasa penting anda lampiran ke dalam blog anda.
Gadget Daftar
Daftar

  • Feed : gadget ini berfungsi untuk memasukkan feed RSS atau Atom milik anda ke dalam blog. Jika anda belum mengetahui tentang feed RSS atau Atom, nanti akan saya jelaskan di postingan selanjutnya, mohon doanya sob.
Gadget Feed
Feed

  • NewsReel : gadget ini secara otomatis menampilkan tajuk google news dari blog anda.
Gadget NewsReel
NewsReel

  • Label : gadget ini berfungsi menampilkan semua label/kategori yang ada di dalam blog anda, sehingga memudahkan pembaca blog anda untuk mencari artikel yang mereka butuhkan.
Gadget Label
Label

  • Tautan Berlangganan : gadget ini anda gunakan untuk menampilkan sebuah fitur berlangganan, sehingga memudahkan pembaca untuk berlangganan blog anda melalui pembaca feed populer.
Gadget Tautan Berlangganan
Tautan Berlangganan

  • Logo : gadget ini berfungsi untuk menampilkan logo blogger.com ke dalam blog anda.
Gadget Logo
Logo

  • Profil : gadget ini berfungsi untuk menampilkan profil blogger anda ke dalam blog anda. Ada dua jenis profil yang bisa anda tampilkan, yaitu profil blogger dan profil google plus.
Gadget Profil
Profil

  • Arsip Blog : dengan gadget ini anda dapat menampilkan semua arsip blog anda, sehingga memudahkan pembaca blog untuk memilih postingan mana yang akan mereka baca. Anda dapat mengatur tampilan arsip blog anda, misalnya ingin menampilkan arsip menurut bulanan, mingguan atau harian. Selain itu anda juga bisa mengubah style/gaya arsip tersebut.
Gadget Arsip Blog
Arsip Blog

  • Header Halaman : gadget ini secara otomatis sudah ditambahkan ke dalam blog anda. Tapi buat anda yang ingin memodifikasi/mengatur ulang header blog, anda bisa melakukannya disini.
Gadget Header Halaman
Header Halaman

  • Adsense : gadget ini berfungsi untuk menampilkan teks iklan atau banner iklan. Itu jika anda sudah mempunyai akun adsense google. Dapat membuat akun google adsense dan dapat memasangnya di blog adalah impian para blogger, karena dengan ini seorang blogger bisa mempunyai penghasilan dari ngeblog sebagai publisher. Semoga kelak saya bisa membuat dan memasangnya di blog yang sederhana ini aamiin ya Rabb.
Gadget Adsense
Adsense

  • Formulir Kontak : gadget ini berfungsi agar pengunjung blog bisa melakukan komunikasi dengan pemilik blog melalui email. Blogger biasa menamakannya Contuct Us, dan gadget ini ditempatkan disidebar blog maupun di laman blog seperti yang ada di blog ini.
Gadget Formulir Kontak
Formulir Kontak

  • Entri Populer : gadget ini berfungsi untuk menamplilkan daftar pos yang paling banyak di baca oleh pengunjung blog anda. Dengan ini akan menarik minat pengunjung untuk ikut membaca pos paling populer tersebut.
Gadget Entri Populer
Entri Populer

  • Entri yang Diunggulkan : gadget ini berfungsi untuk menampilkan daftar pos yang pemilik blog unggulkan atau pemilik blog inginkan untuk dibaca oleh pengunjung blog.
Gadget Entri yang Diunggulkan
Entri yang Diunggulkan

  • Ikuti Lewat Email : gadget ini berfungsi mempermudah pengunjung blog untuk berlangganan kiriman email saat pemilik blog mempublikasikan pos. Gadget ini kronologinya sama dengan gadget tautan berlangganan.
Gadget Ikuti Lewat Email
Ikuti Lewat Email

  • Laman : gadget ini berfungsi untuk menampilkan laman mandiri di blog anda.
Gadget Laman
Laman

  • Lencana Google+ : gadget ini berguna untuk menginformasikan kepada pengunjung bahwa pemilik blog ada di media sosial google+ dan memungkinkan pengunjung mengikuti pemilik blog dengan meng-klik lencana google+ tersebut.
Gadget Lencana Google+
Lencana Google+

  • Pengikut Google+ : gadget ini berfungsi untuk menyoroti jumlah pemirsa google+ anda (baik ukurannya maupun orang-orang yang anda kenal) dan menawarkan pengunjung kesempatan untuk mengikuti anda di google+.
Gadget Pengikut Google+
Pengikut Google+

  • Statistik blog : gadget ini berfungsi untuk menampilkan jumlah penayangan pada blog anda.
Gadget Statistik Blog
Statistik Blog

  • Terjemahan : gadget ini berfungsi untuk memungkinkan pengunjung menerjemahkan blog anda ke berbagai bahasa. Ingat selain bahasa hewan ya.
Gadget Terjemahan/Translate
Terjemahan

  • Tombol +1 : gadget ini memungkinkan pengunjung merekomendasikan merek dan konten blog anda dengan cepat.
Gadget Tombol +1
Tombol +1

  • Wikipedia : dengan gadget ini, anda dapat menelusuri artikel atau teks lengkap di wikipedia dengan cepat, nyaman dan mudah.
Gadget Wikipedia
Wikipedia
Sekian dulu sobat, semoga tulisan ini bisa menjelaskan gadget-gadget bawaan blogger dan bermanfaat untuk para blogger. "Happy Blogging"

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

0 komentar:

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......