Cara Mengalihkan URL Halaman Error 404 ke Homepage

|
Cara Mengalihkan / Redirect URL Halaman Error 404 ke Homepage - Sudah bukan rahasia lagi URL Halaman error 404 / broken link memang sering terjadi ketika pemilik blog melakukan kesalahan seperti salah mengetikan alamat url dari satu halaman menuju halaman lain dan artikel yang sudah terlanjur dipublikasikan/diposting dan sudah terindeks oleh mesin pencari google, tapi halaman tersebut dihapus oleh pemilik blog, sehingga ketika seorang pengunjung mengunjungi halaman tersebut yang mereka temukan hanyalah halaman error 404 not found. Selain itu bisa juga disebabkan oleh perayapan mesin pencari yang keliru menterjemahkan URL artikel di blog.

Hal ini tentu saja akan menjadi masalah yang cukup signifikan bagi pemilik blog karena jumlah visitor akan turun, Mengapa? Karena dimata para pengunjung / pembaca hal ini akan membuat blog tersebut terkesan kurang baik. Tidak hanya itu halaman error 404 page not found juga berpengaruh dengan SEO sebuah blog, semakin banyak halaman error 404, semakin buruk pula citra blog tersebut pada mesin pencari dan webmaster google search console.

Anda tentunya tidak ingin masalah itu terjadi pada blog yang dimiliki. Untuk mengatasi masalah tersebut yang harus dilakukan adalah menghapus semua halaman rusak / broken link satu persatu pada Google Search Console Webmaster Tools atau meredirect halaman yang rusak ke halaman yang baru di blog melalui pengaturan setelan di dashboard blogger, itupun jika url halaman yang error jumlahnya sedikit, tetapi bagaimana jika jumlahnya banyak pasti akan cukup memakan waktu.

Baca juga :



Atau anda bisa melakukan cara lain yang lebih sederhana yaitu mengalihkan secara otomatis semua halaman yang rusak tersebut menuju homepage, menuju halaman sitemap, atau menuju halaman contact us dan meminta kepada pengunjung untuk melaporkan jika terdapat link yang rusak agar bisa langsung memperbaikinya. Cara mengalihkan semua url halaman error page 404 not found secara otomatis cukup mudah, disini saya akan share 2 cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya. Silahkan simak langkah-langkah berikut.

Mengalihkan Semua URL Halaman Error 404 ke Homepage melalui Menu Setelan Blogger

1. Masuk ke akun blogger anda
2. Pilih menu Setelan / Setting lalu klik Preferensi penelusuran
3. Pada bagian Kesalahan dan pengalihan klik "Edit" pada opsi Pesan Khusus untuk Halaman Tidak Ditemukan, seperti gambar berikut


Cara Mengalihkan URL Halaman Error 404 ke Homepage - Tutorial Blogger

4. Masukkan script di bawah ini ke dalam kotak

<script type = "text/javascript">
my_redirect = setTimeout(function() {
window.location.href = 'https://harmansh.blogspot.com/';
}, 10);
</script>
Catatan : Ganti URL berwarna merah dengan URL blog anda
5. Terakhir klik tombol Simpan perubahan. Silahkan mencoba untuk membuka dengan mengetikkan URL sembarang, apakah berhasil atau tidak.

Mengalihkan Semua URL Halaman Error 404 ke Homepage melalui Edit HTML Template

1. Masih pada menu akun blogger anda.
2. Pilih menu Tema / Template
3. Tekan tombol Backup / Pulihkan yang terletak di pojok kanan atas untuk membackup full seluruh kode template. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga jika terjadi kesalahan saat melakukan mengedit kode template
4. Jika sudah, silahkan tutup kembali, kemudian tekan tombol Edit HTML untuk membuka kotak editor kode template
5. Temukan kode </body> atau &lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt; dengan cara klik sekali di dalam kode template, lalu tekan Ctrl+F pada keyboard untuk memunculkan kotak pencarian, kemudian masukkan kode yang dicari
6. Apabila sudah ketemu letakkan kode di bawah ini tepat di atas kode tersebut

<b:if cond='data:view.isError'>
<script>
window.location.href = &quot;<data:blog.homepageUrl/>&quot;;
</script>
</b:if>
7. Terakhir klik Simpan Tema atau Save Template.

Apabila anda ingin mengalihkan URL Halaman Error 404 ke halaman lain, silahkan gunakan kode-kode pilihan di bawah ini sesuai dengan keperluan anda.

<b:if cond='data:view.isError'>
<script>
window.location.href = &quot;URL-HALAMAN-LAIN-DISINI&quot;;
</script>
</b:if>

Catatan : Ganti tulisan URL-HALAMAN-LAIN-DISINI dengan URL halaman yang anda inginkan

Contoh

<b:if cond='data:view.isError'>
<script>
window.location.href = &quot;https://harmansh.blogspot.com/p/site.html/&quot;;
</script>
</b:if>

atau halaman Contact Us

<b:if cond='data:view.isError'>
<script>
window.location.href = &quot;https://harmansh.blogspot.com/p/contact-us.html/&quot;;
</script>
</b:if>

Dengan menggunakan kode pengalihan url halaman error 404 menuju halaman lain yang masih aktif, maka akan mengalihkan tujuan pengunjung ketika pengunjung meng-klik link rusak atau mengetikkan url halaman yang salah ke halaman lain yang diinginkan pemilik blog, sehingga bisa mengurangi resiko memberi harapan palsu ke pengunjung saat mendapatkan link yang sudah tidak aktif atau rusak.

Demikian tutorial sederhana mengenai bagaimana cara mengalihkan URL halaman error 404 ke Homepage. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

3 komentar:

Tanza Erlambang - Speed Up said...

makin ngerti...siip

Demam IT said...

Mantap sangat membantu

Harmansyah said...

@Demam IT, alhamdulillah semoga bermanfaat sob

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......