Cara Memperkecil Ukuran File PDF Menjadi 300 KB atau Kurang

|
Cara Memperkecil Ukuran File PDF Menjadi 300 kb atau Kurang tanpa Mengurangi Kualitas dari ISI File - PDF adalah sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe Systems pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, citra dan grafik vektor dua dimensi.

Mungkin anda pernah mengalami masalah dalam mengirim sebuah file PDF, dimana file tersebut memiliki ukuran yang terlalu besar. Dan biasanya, ada beberapa situs memiliki limit tertentu untuk melakukan proses upload file, sehingga membatasi ukuran file yang akan diupload.

Seperti halnya beberapa tahun belakangan ini, dalam upaya perekrutan pegawai negeri sipil pemerintah akan menyeleksi berkas pelamar secara online. Salah satu persyaratan berkas itu adalah mengirim hasil scan dokumen menjadi satu file dan maksimal ukurannya 300 KB. Hal ini juga kini diterapkan oleh sekolah-sekolah dalam sistem belajar dan penerimaan siswa tahun ini karena dampak pandemi covid-19 (corona), membuat mereka dituntut melakukan pembelajaran melalui daring atau online. Oleh karena itu hampir semua tugas atau PR (pekerjaan rumah) dan penerimaan siswa baru tahun ini berformat word, ppt, maupun pdf yang nantinya akan dikirim ke pengajar melalui email atau form yang disediakan pada halaman situs sekolah.

Padahal, file atau dokumen yang dimiliki oleh pelamar atau siswa setelah mereka buat atau scan, ukurannya melibihi batas maksimal yang telah ditentukan. Maka dari itu, anda harus berfikir bagaimana mengurangi ukuran file tersebut. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan memperkecil atau mengkompres ukuran file tanpa harus mengurangi kualitas dari isi file tersebut.

Nah, dalam artikel kali ini saya akan menjabarkan bagaimana langkah cara untuk memperkecil ukuran file PDF menjadi 300 KB atau kurang tanpa harus mengurangi kualitas isi dari file tersebut. Dengan demikian, file yang anda miliki akan memenuhi persyaratan berkas dokumen yang akan di upload. Untuk lebih jelasnya, mari simak langkah-langkah cara memperkecil ukuran file PDF menjadi 300 KB atau kurang berikut ini.

Baca juga :



Cara Memperkecil Ukuran File PDF Menjadi 300KB, 200KB, 100KB atau Kurang tanpa Mengurangi Kualitas dari Isi File PDF

Sebenarnya ada banyak bertebaran di Internet situs penyedia jasa Compress salah satunya ilovepdf.com untuk mengcompress sebuah file PDF ini, Namun kecil kemungkinan anda akan berhasil memperkecil ukuran file PDF tersebut menjadi 300KB atau kurang, apalagi jika ukuran file PDF yang anda miliki cukup besar. Karena biasanya situs penyedia jasa Compress PDF akan memperkecil ukuran sebuah file PDF sampai ke ukuran yang menurut situs tersebut sudah  tidak mengurangi kualitas isi dari file, hingga kadang ukurannya tidak sampai ke ukuran yang kita inginkan. Ada juga situs penyedia layanan compress PDF, yang pada halamannya tersedia fitur yang bisa anda gunakan untuk memperkecil sebuah file PDF secara ekstrim sampai berhasil memperkecil ukurannya, namun isi dari file PDF yang dihasilkan akan menjadi blur alias kualitasnya menjadi berkurang, saya lupa nama situsnya, silahkan anda search sendiri di Google.

Oleh karena itu, ada beberapa langkah yang akan saya jelaskan pada artikel tentang bagaimana memperkecil ukuran file PDF menjadi 300KB atau kurang tanpa mengurangi kualitas dari isi file tersebut. Yakni secara online dan offline. Secara online disini saya akan menggunakan salah satu situs penyedia jasa convert yakni ilovepdf.com yang akan saya gunakan untuk menconvert file, sedangkan secara offline saya akan menggunakan salah satu aplikasi bawaan Windows yakni Paint yang akan saya gunakan untuk meResize atau memperkecil ukuran file yang sudah diconvert ke file gambar JPEG, hal ini bermaksud untuk menjaga kualitas dari isi file tersebut setelah nanti di convert kembali menjadi file PDF. Yuk kita langsung ke langkah-langkahnya.

Sebagai contoh saya memiliki sebuah file PDF yang berukuran 1.46 MB berisi 2 halaman. File ini adalah hasil scan PDF raport adik saya yang akan masuk ke sekolah SMA yang akan digunakan untuk mendaftar secara online dan memiliki persyaratan ukuran file PDF harus 300KB agar bisa diunggah pada form situs pendaftaran.

HARMANSYAH BLOG


1. Pertama-tama, silahkan buka situs https://www.ilovepdf.com/pdf_to_jpg untuk mengconvert file PDF tersebut ke file JPG, dengan klik Select PDF File, pilih file yang diconvert lalu klik Open, kemudian klik Convert to JPG. Tunggu sebentar dan secara otomatis hasil convert akan terdownload dengan sendiri. Apabila isi dari file PDF 1 halaman maka akan terlihat langsung file JPGnya, sedangkan apabila isi dari file PDF 2 halaman maka hasil downloadnya akan berupa winrar.

HARMANSYAH BLOG

HARMANSYAH BLOG

HARMANSYAH BLOG


2. Berhubung file PDF raport adik saya berisi 2 halaman maka akan berupa winrar. Ekstarct file winrar tersebut sehingga terlihat 2 buah file JPG.

HARMANSYAH BLOG


3. Kecilkan ukuran file JPG tersebut satu persatu, dengan membuka aplikasi bawaan Windows yakni Paint atau anda bisa membukanya dengan klik kanan pada file JPG, lalu Open with kemudian pilih Paint.

HARMANSYAH BLOG


4. Setelah terbuka, silahkan klik Resize pada toolbar sehingga tampil sebuah jendela kecil menu Resize and Skew.

HARMANSYAH BLOG


5. Pada bagian Resize berikan centang pada checklist Pixels. Kemudian pada pilihan Horizontal, silahkan ganti nilainya dengan nilai yang kurang dengan nilai aslinya, dalam hal ini saya mengubahnya dari nilai 1275 menjadi nilai 1000 sedang pada pilihan Vertical nilainya akan mengikuti. Selanjutnya klik OK

HARMANSYAH BLOG


6. Jika sudah, klik menu berwarna biru kemudian pilih Save as, silahkan simpan pada drive yang anda inginkan.

HARMANSYAH BLOG

HARMANSYAH BLOG

HARMANSYAH BLOG


7. Selanjutnya silahkan buka situs https://www.ilovepdf.com/jpg_to_pdf untuk mengconvert kembali file JPG tersebut ke file PDF. Klik Select JPG Images, pilih file JPG yang sudah di Resize tadi kemudian klik Open, setelah itu klik Convert to PDF, tunggu sebentar dan hasil convert akan terdownload secara otomatis. Silahkan cek ukuran file PDF yang sudah terdownload.

HARMANSYAH BLOG

HARMANSYAH BLOG

HARMANSYAH BLOG


Apabila ukuran filenya kurang dari 150KB atau pas 150KB, itu artinya file tersebut sudah sesuai.
Kenapa harus kurang dari 150KB atau pas 150KB? Karena nanti kita akan menggabungkan 2 buah file PDF menjadi satu file PDF hingga jumlah ukurannya menjadi 300KB atau kurang.
Apabila ukuran file PDF yang dihasilkan masih terlalu besar, silahkan ulangi langkah pada point ke 3. Pada point ke 5, yang awalnya anda mengganti 1275 menjadi 1000, silahkan ganti 1275 menjadi 900, jika masih, kurang 100 lagi begitu seterusnya.

Pada contoh dibawah ini yang awalnya file JPG hasil Resize 323KB berubah menjadi 138KB setelah di convert ke PDF.

HARMANSYAH BLOG


8. Ulangi langkah dari point ke 3 sampai point ke 7 pada file JPG yang ke 2.
9. Terakhir, jika kedua file PDF yang dihasilkan tersebut sudah sesuai, langkah selanjutnya adalah menyatukan kedua file tersebut menjadi satu. Silahkan buka situs https://www.ilovepdf.com/merge_pdf. Setelah terbuka klik Select PDF file, pilih file kedua file yang sudah sesuai tadi, lalu klik Open dan selanjutnya klik Merge PDF.

HARMANSYAH BLOG

HARMANSYAH BLOG

HARMANSYAH BLOG


Tunggu sebentar dan hasil merge PDF akan terdownload secara otomatis, cek hasil downloadannya. Saya bisa pastikan ukuran filenya akan kurang dari 300KB atau pas 300KB dan kualitas isi dari file PDF tidak akan berkurang.

HARMANSYAH BLOG



Bagaimana sobat cukup ribet bukan? Tapi sangat mudah dan hasilnya pun sangat memuaskan. Berikut ini tampilan perbandingan kualitas isi file PDF hasil memperkecil langkah-langkah diatas dengan aslinya.

HARMANSYAH BLOG
File Hasil Langkah-Langkah Diatas

HARMANSYAH BLOG
File Asli


Demikian tutorial sederhana mengenai bagaimana cara memperkecil ukuran file PDF yang awalnya berukuran 1.46MB menjadi 300KB tanpa mengurangu kualitas isi dari file PDF tersebut. Semoga bermanfaat and Happy Blogging

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

5 komentar:

Agus Warteg said...

Oh begitu ya kang caranya memperkecil ukuran file PDF tanpa mengurangi kualitas file-nya. Cukup ribet memang kelihatannya.😅

Harmansyah said...

@Agus Warteg, iya kang :D

Climate4life said...

Skrg banyak pilihan mo ngedit2 file pdf, termasuk mengubah ukurannya.

Michael "Dije" David said...

Yaamplop ini yang kucariii! Thank you ya mas :D.

Harmansyah said...

@B'Day, iya bang day banyak sekali bertebaran pilihan di internet,
@Michael Dije, astaga sama-sama mas dije :P

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......