Cara Menampilkan Tombol Home pada Google Chrome

|
Cara Menampilkan Tombol Home pada Google Chrome - Google Chrome merupakan browser yang dikeluarkan oleh Google, yakni sebuah perusahaan Search Engine terkemuka di dunia. Bagaimana pendapat anda ketika melihat browser Google Chrome untuk saat ini? Dengan warna dasar putih, Google Chrome memiliki tampilan yang cukup sederhana dan tidak banyak menampilkan tombol (toolbar) pada bilah browser. Dibalik kesederhanaannya, Google Chrome merupakan browser yang cepat. Berikut ini saya akan sedikit mengulas beberapa kelebihan dan kekurangan dari Google Chrome.

Kelebihan dari Google Chrome
1. Desain User Interface (UI) yang menarik. Google Chrome memiliki desain UI yang minimalist sehingga terkesan lebih simple dan juga sederhana.
2. Membutuhkan resources yang sedikit dan lebih hemat RAM . Google Chrome tidak memerlukan sumber daya atau resources yang tinggi untuk diopeasikan sehingga akan menghemat kapasitas RAM
3. Dapat mendeteksi keyword atau kata kunci . Saat anda mengetikkan kata kunci atau keyword pada kolom pencarian, Google Chrome akan langsung membantu memunculkan list keyword yang anda cari tanpa perlu membuka mesin pencarian sehingga akses pencarian akan lebih cepat dan mudah.

Kelemahan dari Google Chrome
1. Tingkat privacitas, Saat kita melakukan pencarian, Google melakukan penyimpanan sekitar 2% dalam proses pencarian kita sehingga terdapat kemungkinan bahwa Google dapat mengetahui identitas dari para pengguna fasilitasnya. Tentu saja hal ini mengurangi privasi dari para penggunanya.
2. Sistem Keamanan, Terdapat beberapa ahli confidence yang telah berhasil membuktikan bahwa terdapat suatu bugs atau celah kecil pada Google Chrome. Ketika terjadi sebuah crash saat pengguna membuat situs, maka akan muncul underline download secara otomatis dimana hal ini ditakutkan disalahgunakan oleh para hacker untuk mencuri atau merusak data.
3. Bahasa, Tingkat penerjemahan bahasa khususnya bahasa Indonesia yang dimiliki oleh Google Chrome dapat dibilang masih kurang baik dikarenakan dalam proses penerjemahannya, Google Chrome masih sering salah dalam memilih kalimat ataupun dalam penyusunan kata.

Walau Google Chrome termasuk browser yang cepat dan sederhana, namun pada kenyataannya browser yang cepat dan sederhana bukanlah satu-satunya yang diinginkan oleh banyak penggunanya. Kelengkapan tombol pada bilah browser juga adalah alat pendukung ketika menjalankan sebuah browser, yang banyak digunakan pengguna untuk memudahkan pengguna menuju ke jendela atau halaman yang diinginkan, seperti yang akan saya bahas kali ini salah satunya yakni tombol Home.

Tombol Home yang dulu tampil disebelah tombol refresh, pada update terbarunya kini hilang dari bilah browser Google Chrome. Sebenarnya bukan hilang tapi hanya disembunyikan. Tidak seperti browser-browser lain tetap menampilkan tombol Home pada bilah bowser mereka.

Cara Download Video Youtube dengan Mudah dan Cepat

Apa kegunaan tombol Home pada browser? Tombol Home digunakan ketika anda ingin kembali ke halaman awal dimana browser pertama kali dijalankan. Sebenarnya anda bisa menekan tanda plus atau tambah tab baru, anda langsung bisa ke halaman awal browser. Tetapi bila anda ingin menampilkan tombol Home, agar langsung mengganti halaman yang terbuka menjadi halaman awal sehingga tidak terlalu banyak tab yang terbuka yang dapat menyebabkan proses browsing anda menjadi lemot, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

Menampilkan Tombol Home pada Browser Google Chrome

Jalankan browser Google Chrome anda, alihkan pandangan anda ke pojok kanan atas kemudian klik tiga titik atau tombol Sesuaikan dan kontrol Google Chrome seperti gambar berikut, kemudian pilih Setting atau Setelan.

HARMANSYAH BLOG


Setelah halaman Setting terbuka, silahkan pilih menu Appearance atau Tampilan. Aktifkan Show home button atau Tampilkan tombol beranda dengan menggeser toggle button pada pilihan tersebut. Dengan begitu tombol Home akan tampil di sebelah kiri kotak address bar atau sebelah kanan tombol refresh.

HARMANSYAH BLOG


Kemudian silahkan anda tentukan, apakah anda ingin menggunakan tombol Home untuk membuka halaman awal atau membuka halaman sebuah web. Jika anda memilih membuka sebuah halaman web, beri checklist pada pilihan yang memiliki kotak dan isi kotak tersebut dengan URL halaman web atau blog yang anda inginkan.

Sekarang anda dapat melihat tombol Home dengan icon rumah pada browser Google Chrome anda yang terletak tepat disamping kiri kotak address bar. Sangat mudah bukan?... Dengan menekan tombol Home, maka akan terbuka sebuah halaman dari URL web yang anda masukkan ke kotak pada pilihan Show home button tadi.

HARMANSYAH BLOG


Demikian tutorial sederhana mengenai bagaimana cara menampilkan atau memunculkan tombol home pada browser Google Chrome. Semoga bermanfaat and Happy Blogging.


Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

10 komentar:

Agus Warteg said...

Ternyata begitu ya kang caranya menampilkan tombol home di chrome, buka appearance atau Tampilan. Aktifkan Show home button. Makasih banyak atas informasinya kang.😃

Hermansyah said...

Sangat mudah bila tau caranya tapi bisa bikin pusing bila tak tau caranya, terima kasih atas tipsnya

Harmansyah said...

@Agus Warteg, Okeh sama-sama sob :D
@Kal El, sama-sama sob, tadi saya meluncur ke blognya sob, saya bookmark buat besok nyari lagu kesukaan.. :D

Himawan Sant said...

Terlepas dari penjelasan keren setting tombol home di Chrome ini, aku mau tanya barangkali mas Harman mengerti solusinya tentang google penerjemah bahasa yang tidak efektif (diterjemahkan ke bahasa lain hanya muncul sesaat kemudian balik lagi ke bahasa Indonesia).
Apa yang harus disetting ya, mas ?.

Ella Fitria said...

Noted nih. Biar lebih praktis buat kembali ke halaman awal lgsg pke menu home aja, ilmu baruu

Harmansyah said...

@Himawan Sant, Saya belum pernah mengalami apa yang akang alami, coba akang cek di setelan bahasa, klo masih terjadi coba akang install ulang browsernya.
@Ella Fitria, Seep Ella

Michael "Dije" David said...

Naiseee.. saya juga sering bingung gimana cara nampilin tombol home itu hehehehe :v.

Agus Warteg said...

Belum ada update terbaru nih kang harmansyah. Ijin tinggalkan komentar ya.😃

Climate4life said...

Saya jg pake brwoser ini mas... rasanya lebih stabil

~Bang Day

Harmansyah said...

@Michael "Dije" David, :D
@Agus Warteg, Okeh seeep
@Climate4life, Iya bang

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......